z15

SEMARANG,  – Jalan Pantura Alas Roban yang berada di titik Plelen Kabupaten Batang, gelap ketika malam hari. Sebanyak 170 lampu penerangan jalan umum (PJU) yang menggunakan tenaga matahari rusak dan sudah tidak bisa menyala sama sekali.

Kerusakan PJU yang masih menjadi kewenangan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional ini bervariasi. Ada yang akinya telah hilang maupun solar cell yang rusak parah lantaran empat tahun tak ada perawatan.

Namun untuk detil kerusakan, saat ini masih akan dilakukan pendataan. Kepala Dishubkominfo Jateng Satriyo Hidayat menjelaskan pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian.

Saat ini Kementerian ternyata memiliki anggaran Rp 500 juta yang akan digunakan untuk memperbaiki lampu di jalan nasional tersebut.

“Dana tersebut kelihatannya kurang. Jadi akan dilakukan relokasi anggaran. Dana akan digunakan untuk memperbaiki penerangan di black spot lebih dulu, yang rawan terjadi kecelakaan. Mungkin 20-40 titik, sudah siap,” kata Satriyo Senin (9/3).

Perbaikan PJU tersebut bukan dilakukan secara swakelola, melainkan lelang. Diperkirakan pemenang lelang sudah akan ketemu dalam dua bulan kedepan. Saat itu juga perbaikan penerangan baru akan dimulai.

Sumber : suaramerdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *