PJUTS Purworejo
Purworejo-Guna mengatasi permasalahan penerangan jalan, utamanya jalan-jalan umum di pinggiran kota yang jauh dari jangkauan aliran listrik, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng, memasang 20 tiang penerangan solar cell di tiga lokasi yang berbeda.

Pemasangan penerangan solar cell merupakan hasil usulan atau pengajuan dari Seksi Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purworejo. Awalnya, Seksi Pertamanan mengusulkan ada 10 lokasi untuk dipasang penerangan, namun setelah dilakukan peninjauan lapangan diputuskan dipasang di tiga lokasi masing-masing Desa Sidorejo, Kelurahan Paduroso di Kecamatan Purworejo dan satu lokasi lagi di wilayah Kecamatan Bayan.

“Semuanya dari ESDM provinsi, kami hanya mengusulkan lokasinya,” kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purworejo, Mulyono, Kamis (29/09/2016).

Namun demikian, lanjutnya, meski telah dikabulkan pengusulan pemasangan penerangan itu, pihaknya tidak bertanggungjawab terhadap perawatan lampu jalan solar cell tersebut karena ditangani langsung oleh ESDM provinsi. Pihaknya hanya sebatas menunjukkan lokasi saja tanpa ada
diminta memberikan perawatan.

Disampaikan, selain adanya paket bantuan penerangan dari provinsi, DPU Purworejo juga telah memasang 70 titik lampu penerangan jalan baru. Pemasangan itu dikonsentrasikan di jalan ring road. “Pemasangan itu untuk mendukung keberadaan bandara internasional di Kulon Progo. Dan kita berharap jalan-jalan di Purworejo akan terang,” tambah Kasi Pertamanan DPU, Edi Nur.

Diakuinya, dari jumlah yang ada, masih jauh dari cukup. Hanya pemenuhannya akan dilakukan secara bertahap. Dimana anggaran yang ada tidak memungkinkan melakukan pemasangan langsung dalam jumlah banyak.

Sumber berita by http://sorotpurworejo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *