Indonesia terpilih sebagai tuan rumah pertemuan ASEAN ke-31 bidang energi tingkat menteri yang dijadwalkan pada tahun 2013.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyampaikan hal itu usai pembukaan acara pertemuan bidang energi tingkat menteri ASEAN ke-30, Rabu (12/9/2012), di Phnom Penh, Kamboja.

“Semula ada pembicaraan untuk menentukan lokasi acara. Kemudian disepakati, acaranya akan diadakan di Bali,” ujar Jero Wacik, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas Evy Rachmawati.

Terkait hal itu, Jero Wacik secara resmi mengundang para peserta delegasi negara-negara ASEAN dan mitra dialognya untuk menghadiri acara tersebut.

Dalam pertemuan Jero Wacik dengan Menteri Kamboja Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen, terungkap bahwa peranan batubara diperkirakan makin tinggi. “Karena itu perlu ada teknologi untuk menghasilkan batubara yang bersih,” katanya.

Menurut Jero Wacik, ketahanan energi sangat penting untuk disiapkan. Karena itu, setiap negara harus melihat potensi negaranya masing-masing untuk mengembangkan energi baru terbarukan.

“Tenaga panas bumi, tenaga air, angin, energi laut, serta biomassa, menjadi target untuk dikembangkan di negara masing-masing,” kata Jero Wacik.

Sumber By   www. Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *