timthumb.phpMalang | Setelah berhasil mengembangkan solar sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU). Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, mulai tahun ini merencanakan membuat Lampu lalu lintas di Malang yang awalnya menggunakan listrik akan diganti dengan tenaga surya sebagai solar cell.

 

Kepala Bidang lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota malang Eko Budi Hartoyo di Malang, Jumat, mengatakan pada tahap awal lampu lalu lintas solar cell itu akan dipasang di 11 titik jalur padat.

 

Diharapkan dengan penggunaan tenaga surya ini bisa lebih hemat dan tentunya lebih ramah lingkungan. Dana untuk pemasangan lampu lalu lintas solar cell Pemkot Malang sudah menganggarkannya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 sebesar Rp4,7 miliar..

 

Eko Budi menjelaskan jika lampu penerangan jalan solar cell itu nanti akan dilengkapi dengan lampu model hybrid. Pencahayaannya lebih terang dan didukung dengan baterai yang mampu menyimpan cahaya lebih lama, yakni sekitar satu minggu.

 

Dengan solar cell yang mampu bertahan selama seminggu maka tidak dikhawatirkan bila Malang dalam kondisi mendung selama sepekan, lampu lalu lintas jalan akan tetap menyala. “Teknologi inilah yang membuat kami ingin memanfaatkan tenaga surya secara maksimal, sebab selain lebih hemat anggaran juga ramah lingkungan,” tandasnya.

 

Dalam awal pemasangan lampu lalu lintas tenaga surya di 11 titik memprioritaskan pemasangan dijalan Gajayana, perempatan Jalan Galunggung, Jalan Veteran serta Jalan Dieng.

 

Menanggapi program dari Dishub yang akan memanfaatkan tenaga matahari sebagai pendukung utama nyalanya lampu lalu lintas jalan dengan anggaran Rp4,7 miliar itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arif Wahyudi menyarankan agar Dishub melakukan kajian lebih mendalam terlebih dahulu.

 

Sebelum menentukan titik-titik lampu lalu lintas yang akan menggunakan solar cell, kata politisi dari PKB tersebut, Dishub harus melakukan kajian terlebih dahulu, terutama yang berkaitan dengan dengan tingkat kebutuhannya.

“Jangan sampai setelah lampu lalu lintas solar cell itu dipasang, ternyata tidak berfungsi dan akhirnya rusak. Padahal, anggarannya cukup besar,” tegasnya.

 

Sumber by www.malang-oneline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *