Pemkab Tanjab Barat merencanakan seluruh lampu jalan di Tanjab Barat bakal menggunakan Panel Tenaga Surya atau Solar Cell. ‘’Direncanakan Tahun 2013 ini, program tersebut akan dimulai untuk lampu jalan di dalam Kota Kualatungkal,’’ sbeut Kadis ESDM Tanjab Barat melalui Kasi Listrik Hendra Elvianto SE.

            Dikatakannya, banyak keuntungannya jika menggunakan Solar Cell. Keuntungan menggunakan panel Tenaga Surya ini diantaranya merupakan energi terbarukan yang tak bakal habis, mengurangi pemanasan global dan bersih serta ramah lingkungan. ‘’Yang terpenting adalah panel surya ini bisa menghemat listrik, karena tidak tergantung dengan listrik. Kami sendiri tahu kalau listrik di Tanjab Barat masih jadi persoalan,’’ ungkapnya.

            Selain itu, lanjutnya, Panel Surya ini tidak memerlukan perawatan berat, praktis dan berumur panjang. ‘’Sangat cocok dengan daerah tropis seperti di Indonesia ini, khususnya Kab Tanjab Barat,’’ timpalnya.

            Terpisah, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tanjab Barat, Dedi Hadi, mengaku setuju dan mendukung program lampu jalan dengan tenaga surya ini. ‘’Program seperti ini layak kita dukung,’’ ujar Dedi via ponsel, kemarin.

            Dikatakannya dengan penggunaan tenaga surya, pengelolaan lampu jalan di Kab Tanjab Barat bakal lebih baik. ‘’Bebas bahan bakar, tentunya lebih hemat. Apalagi dengan Solar Cell ini, Lampu jalan tidak lagi tergantung dengan listrik. Sudah berapa anggaran yang bisa kita hemat,’’ papar politisi Golkar ini.

    Dia menyebutkan, Tahun depan, program ini terlebih dahulu akan diprioritaskan untuk lampu jalan di dalam kota. ‘’Konsentrasi tahap awal kita akan fokuskan di dalam kota Kualatungkal. Jika berhasil tidak menutup kemungkinan seluruh lampu jalan di Kab Tanjab Barat akan menggunakan Solar Cell ini,’’ tandasnya.

Sumber By www.jambiekspres.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *