4 Dukuh brebes pakai tenaga suryaMetrotvnews.com, Brebes: Sebanyak 480 kepala keluarga di empat pedukuihan atau perkampungan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, hingga saat ini belum menikmati fasilitas jaringan listrik.

Empat pedukuhan tersebut di antaranya Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, yang warganya sebagian besar eksodus dari Aceh. Di sana sebanyak 200 KK tak bisa menikmati listri.

Kondisi di Dukuh Darussalam, Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, juga sama. Ada sebanyak 70 KK yang setiap malam harus membakar obor. Sebanyak 150 KK di Dukuh Pawangunan, Desa Banjarsari, Kecamatan Bantarkawung, juga belum menikmati listrik. Sedangkan sisanya, sebanyak 60 KK berada di Dukuh Karangjambu, Desa Pamedaran, Kecamatan Ketanggungan.

Kepala Dinas Pengairan dan ESDM melalui Kabid ESDM, Akhman Haryanto, menyatakan meskipun saat ini belum teraliri listrik, namun melalui bantuan dana APBD Jawa Tengah, tiga dukuh yakni Dukuh Maribaya, Darussalam, dan Pawangunan segera dipasangi jaringan listrik.

“Ketiga dukuh tersebut selama ini memanfaatkan tenaga surya untuk penerangan. Namun, belum optimal. Sehingga, masyarakat setempat kurang bisa menikmati penerangan dengan baik,” kata Akhman, Sabtu (6/6/2015).

Kasi Bina Pengusaha, Hery Candikiawan, mengatakan, khusus di Dukuh Karangjambu, pihaknya kesulitan mencapai lokasi. Pasalnya, wilayah itu harus dijangkau melalui hutan milik Perhutani.

“Perizinanannya relatif rumit, ditambah pada saat survei, tidak ada warga yang tinggal saat itu. Sehingga, sampai saat belum ada kepastian kapan dukuh ini bakal dipasang jaringan listrik,” keluhnya.

by jateng.metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *