40 Titik di Jalur Pantura Dipasang PJUJATISARI, RAKA- Arus mudik lebaran tinggal beberapa hari lagi akan dimulai, untuk memberikan rasa aman para pemudi saat melintasi jalan utama pantura, penerangan jalan umum (PJU) sudah mulai dipasang di sepanjang Jalan Raya Pantura Jatisari.
Alpian (45), salah seorang teknisi PJU menyampaikan, pekerjaan yang digarapnya memang harus selesai dalam waktu dekat ini. Bahkan dari rencana pemasangan 40 titik PJU yang menjadi tanggung jawab mereka, saat ini sudah terpasang sebanyak 21 titik, bahkan dalam waktu dua tiga hari ini pekerjaan mereka diperkirakan akan rampung. “Untuk proyek pemasangan tiang PJU di Jalan Raya Jatisari ini sebanyak 40 titik, baru dua hari sudah terpasang 21 titik. Nah kalau yang membuat pondasinya beda orang pak,” ucap Alpin kepada RAKA, Rabu (1/7).
Alpin dan rekan-rekannya, selain melakukan pemasangan tiang, juga memasang lampu dan termasuk material pembangkit energi tenaga suryanya. Dia berharap, apa yang dilakukannya bisa menjadi nilai ibadah dan bisa memberikan manfaat untuk para pengguna jalan, terutama para pemudik nanti. “Ini PJU tenaga surya, mudah-mudahan jalannya jadi terang dan tidak ada kecelakaan,” ucapnya.
Menurutnya, pemasangan PJU yang menggunakan tenaga surya ini, memerlukan keahlian khusus yang dikirim dari produsen penerangan tenaga surya. Sebagai tenaga ahli, dia dikirim oleh salah satu perusahaan yang ada di Surabaya Jawa Timur. “Pemasangannya, harus sangat hati-hati, terutama pemasangan komponen pembangkit energi listrik dari tenaga suryanya, yang rentan dengan kerusakan,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, meski dalam tiga hari kedepan semuanya diperkirakan akan selesai, tapi pihaknya tidak akan langsung pulang, karena harus diawasi terlebih dahulu beberapa hari untuk bisa memastikan, bahwa PJU tersebut sudah beroperasi secara normal atau tidak. “Selama seminggu kami akan melakukan pengawasan, agar bisa mengontrol jika ada kerusakan-kerusakan,” ujarnya.
Sementara PJU di jalur pemudik khusus sepeda motor, pantauan Radar Karawang, sampai saat ini masih belum terpasang secara keseluruhan, sehingga sangat dikhawatirkan jika saat waktunya para pemudik tiba, PJU belum selesai, dan akan berpengaruh pada tingkat kecelakaan lalulintas akibat minimnya PJU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *