PJU Cerdas.BursaenergiEBTKE–Pulau Sumba, Provinsi NTT telah dicanangkan sebagai ikon pulau yang seluruh kebutuhan energinya bersumber dari energi terbarukan. Salah satunya adalah memanfaatkan energi dari PLTS untuk penerangan jalan umum di malam hari.
Penerangan jalan umum cerdas (PJU) off grid dengan menggunakan lampu LED yang merupakan bagian dari pilot project kegiatan konservasi energi sekaligus sebagai satu kesatuan dari program Sumba Iconic Island di bidang energi terbarukan dan konservasi energi.
Cara ini ditempuh mengingat rasio elektrifikasi di Indonesia pada tahun 2014 masih 84,35 persen, berarti masih ada 15,65 penduduk di wilayah Indonesia yang belum menikmati listrik.
Alokasi PJU cerdas untuk Sumba Iconic Island ini sendiri akan tersebar pada 480 titik yang akan dibagi pada empat daerah yaitu Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Timur, dengan alokasi anggaran Rp10 miliar.
Dalam pengawasan pekerjaan PJU cerdas ini, diharapkan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba dapat menunjuk penanggung jawab dalam kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *