PLTS Bone.bursaenergiWATAMPONE.BONEPOS – Sebanyak 50 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dibagikan ke rumah penduduk di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Pembagian PLTS gratis dari Pemerintah Kabupaten Bone ini diperuntukkan bagi 50 kepala keluarga di Dusun Salo Siduppae yang selama ini belum pernah menikmati aliran listrik.

Kepala Desa Mappesangka, Andi Rasdi Sumange, mengatakan saat ini pemasangan instalasi PLTS ini sudah dilakukan di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, khususnya di Dusun Salo Siduppae yang dihuni 50 kepala keluarga.
“Ini adalah salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Bone untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat yang ada di Desa terpencil,” kata Andi Rasdi saat ditemui Bonepos.com, Sabtu 30 Januari 2016.

Adapun mengenai pengelolaan serta perawatan PLTS ini lanjut Andi Rasdi, Pemerintah Kabupten menyerahkan sepenuhnya kepada aparat Desa setempat. Menurut Dia, PLTS yang memiliki kapasitas sekitar 50 watt dan jika dirawat dengan benar, ditargetkan akan mampu digunakan hingga 10 tahun.

Sementara itu, dengan adanya bantuan PLTS ini, Kepala Dusun Salo Siduppae, Desa Mappesangka, H. Rabile mengaku sangat bersyukur atas perhatian pemerintah kabupaten yang sudah memberikan penerangan listrik di dusunnya. Pasalnya listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok warga untuk menjalankan aktivitas.
“Kami sangat berterima kasih sebesar-besarnya, kepada pemerintah daerah, khususnya kepada kepala Desa Mappesangka yang telah mengupayakan PLTS ini masuk ke Dusun kami. Listrik adalah salah satu kebutuhan yang sangat dinantikan oleh warga disini,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *