PJUTS Kabupaten Rokan hulu

RIAU – Penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) yang berada di sembilan desa di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, telah tuntas dilaksanakan oleh kontraktor pada 20 November lalu. Dalam artian, PJUTS yang telah dibangun di 54 titik tersebut, tersebar di 9 desa, di mana masing-masing desa mendapatkan 6 titik PJUTS kini menerangi jalan, baik fasilitas umum maupun fasilitas sosial di desa tersebut.

Hidupnya PJUTS di sembilan desa itu, disambut antusias oleh masyarakat, mengingat desa yang mendapatkan PJUTS dalam dua tahun terakhir mesin PLTD di desanya rusak. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Rokan Hulu Drs Yusmar MSi, Senin (5/12) menjelaskan, 54 titik PJUTS yang telah selesai dibangun dan menyala di sembilan desa di Kecamatan Rokan IV Koto, diantaranya, Desa Tanjung Medan, Desa Pemandang, Kampung Tinggi, Banjar Datar, Kersik Putih, Batas, Tibawan, Kubang Buaya dan Desa Tandikat. Proyek pemasangan PJUTS yang berlokasi di Kecamatan Rokan IV Koto dananya bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) APBD Provinsi Riau 2016 dengan kontrak Rp1,64 miliar.

Lokasi pemasangan PUJTS di sembilan desa tersebut, jarak antartiang yang satu dengan tiang lainnya sekitar 200 meter per titik. Namun di lapangan, lanjut Yusmar, enam titik pemasangan PJUTS di masing-masing desa, dinilai masyarakat Kecamatan Rokan IV Koto masih kurang.

‘’Masyarakat Kecamatan Rokan IV Koto meminta pemerintah untuk menambah pemasangan PJUTS. Alhamdulillah, proyek PJUTS ini didukung dan disambut antusias oleh masyarakat sembilan desa di Kecamatan Rokan IV Koto. PJUTS menyala ketika matahari akan terbenam atau menjelang masuknya waktu Salat Magrib, anak-anak dan remaja serta orangtua secara bersama-sama berkumpul untuk menyaksikan PJUTS itu menyala,’’ ujar mantan Kadisdukcapil Rohul itu.

Begitu senangnya masyarakat sembilan desa, ketika PJUTS telah selesai dibangun dan menyala di saat matahari terbenam. ’’Sistem PJUTS tergantung pada surya. Hidup dan matinya secara otomatis. Apabila cuaca gelap lampu hidup sendiri, kalau sudah pagi ada cahaya PJUTS  mati sendiri. Karena ada alat  menyimpan dan menangkap cahaya matari,’’ tuturnya.

Mantan Kabag Humas Setda Rohul itu menerangkan, saat ini proyek PJUTS di Kecamatan Rokan IV Koto tuntas 100 persen, tinggal menyelesaikan administrasinya di Pemerintah Provinsi Riau. Yusmar menambahkan, Distamben Rohul dalam proyek ini hanya pelaksana kegiatan, untuk petunjuk pelaksanaan dan  petunjuk teknis berdasarkan dinas teknis yakni Dinas ESDM Riau. Kegiatan yang dilaksanakan oleh rekanan ini, harus dilakukan verifikasi oleh Pemprov yang membutuhkan waktu. Namun, seiring waktu berjalan, kontraktor dapat menyelesaikan kegiatannya tepat waktu dan telah dinikmati oleh masyarakat sembilan desa di Kecamatan Rokan IV Koto.

Sumber berita by http://www.riaupos.co

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *