BANDUNG, TRIBUN – Sedikitnya 20 persen dari 30 ribu lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Bandung padam. Lampu PJU yang padam berada di jalan protokol dan juga perumahan.

“Kurang lebih PJU yang padam 20 persenan. Yang padam bervariasi ada di lingkungan ada juga yang di jalan,” ujar Kabid Pengelolaan Bahan dan PJU Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, Rosyidi Santono, Rabu (4/3/2015). Ia mengatakan, rata-rata PJU yang padam diakibatkan masalah teknis seperti boks panel yang rusak serta kabel-kabel PJU yang banya dicuri. “Ada komponen kabel yang dicuri dan itu yang kita agak kesulitan walaupun kita monitoring sendiri,” katanya. Selain faktor-faktor tersebut, lanjut dia, beberapa faktor seperti masa pakai lampu dari PJU juga membuat banyaknya PJU yang padam.

Sebab, untuk masa pakai lampu PJU, harus diganti setiap satu tahunnya. PJU di Bandung sendiri, lanjut Rosyidi menggunakan lampu dengan berbagai ukuran ada yang 70 watt, 90 watt dan 100 watt tergantung kawasan. “Rata-rata kuatnya 40 ribu jam, kalau ada yang redup hampir padam itu langsung kita ganti,” katanya. Namun, Rosyidi mengatakan, pihaknya berupaya untuk menangani PJU yang padam tersebut.

Untuk menangani hal tersebut, ada enam regu yang tersebar di enam wilayah. “Kalau ada yang padam kita perbaiki untuk mengurangi dan kalau ada laporan kita langsung cek sesuai dengan wilayah kerja,” katanya.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *