solar cell.bursaenergiPoso, Jubi/Antara – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Poso mencatat sedikitnya 600 kepala keluarga (KK) di daerah itu menerima bantuan listrik tenaga surya (solar cell) selama 2015.
Kepala Dinas ESDM Kabupaten Poso, Rossano R.B Padaga, mengatakan di Poso, Kamis (10/12/2015), bantuan listrik tenaga surya ini diberikan kepada keluarga kurang mampu yang tinggal di daerah-daerah yang belum terjangkau aliran listrik PLN.
Pihaknya sebenarnya mengusulkan 4.000 KK yang perlu mendapatkan bantuan tersebut, namun Dinas ESDM Provinsi Sulteng hanya menyetujui 600 KK.
Bantuan tersebut baru mulai direalisasi sejak satu bulan terakhir yang dikerjakan atas kerjasama dengan PT PLN Poso.
Kepala Seksi Pemanfaatan Tenaga Listrik Dinas ESDM Poso, Imran, menjelaskan bantuan tersebut ditender Dinas ESDM Provinsi Sulteng yang kemudian diajukan kepada PLN, sementara pihak ESDM Poso hanya memantau jalannya proyek.
“Kami hanya mengetahui proyek telah berjalan. Saya telah mengecek di PLN Poso, mereka mengatakan pemasangan sedang berjalan,” kata Imran.
Bantuan solar cell di Kabupaten Poso paling banyak untuk warga di wilayah Lore dan Pamona Selatan. Solar cell itu memiliki daya sebesar 450 watt.
Pada 2016, kata Imran, jumlah penerima bantuan akan diusulkan lagi sebanyak 4.000 KK. Kriteria penerima bantuan solar cell adalah keluarga kurang mampu dan memiliki kartu keluarga, KTP, rumah sendiri, dan jarak jaringan kabel ke rumah sepanjang 30 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *