Nur Pamudji Calon Dirut PLNJAKARTA – Direktur Utama PT PLN (Persero), Nur Pamudji menjelaskan ada sekitar 72 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dalam proses tender. Seluruh proyek yang sedang ditender saat ini berkapasitas total 150 mega watt (MW).

Tujuan dari pengembangan PLTS untuk memajukan energi alternatif sesuai program kerja pemerintah. Dalam proses tender, PLN perlu berkoordinasi dengan Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kami masih perlu diskusi dengan Dirjen, sebenarnya tinggal proses finishing,” ujar Nur Pamudji Jumat (19/7/2013).

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konvensional Energi Kementerian ESDM, Rida Mulyana menambahkan, dalam koordinasi tersebut, Kementerian ESDM dan PLN membahas mengenai masalah anggaran pengembangan energi alternatif tersebut. Pasalnya dalam memajukan satu energi terbarukan membutuhkan biaya besar.

Rida menjelaskan untuk menghasilkan 1 MW dari satu PLTS, setidaknya membutuhkan investasi sebesar Rp 20 miliar. Hal yang membuat anggaran menjadi mahal karena alat-alat yang digunakan dalam pengembangan energi surya sangat mahal penggunaannya.

“Meski menggunakan EBT, tapi investasinya cukup besar karena peralatan yang digunakan merupakan teknologi tinggi,” jelas Rida.

Sumber By www.yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *