plts  SHSPemkab Berau melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) mengadakan bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) SHS untuk pemukiman penduduk di wilayah perkampungan. Tahun ini pengadaan PLTS SHS direalisasikan untuk Kampung Panaan di kecamatan Kelay. Sebanyak 73 unit PLTS SHS akan didistribusikan kepada masyarakat di pedalaman ini.
Kepala Distamben Berau, Mappasikra Mappaseleng, melalui Kepala Bidang Ketenagalistrikan, Rusdi, kepada media ini mengatakan pengadaan PLTS SHS untuk Kampung Panaan merupakan usulan dari masyarakat. Pengadaan ini dikatakannya juga merupakan program lanjutan untuk memenuhi kebutuhan PLTS SHS sesuai dengan pemukiman penduduk. Sebelumnya program bantuan PLTS SHS juga sudah diwujudkan di kampung ini. Sehingga dengan bantuan ini seluruh pemukiman sudah memiliki PLTS SHS. “Ini merupakan program lanjutan, karena sebelumnya sudah ada bantuan PLTS SHS ini,” ungkapnya.
Saat ini pengadaan PLTS SHS disampaikan Rusdi sudah diserahkan kepada unit layanan pengadaan (ULP) yang melaksanakan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Tidak hanya pengadaan, namun dalam pelaksanaan juga langsung dengan pemasangan, sehingga masyarakat dapat langsung menikmati dari bantuan penyediaan energi listrik ini. “Sudah dengan pemasangannya, setelah pelaksanaan lelang selesai langsung dikerjakan dan kita target tuntas dalam beberapa bulan kedepan ini,” tegasnya.
Selain Kampung Panaan, tahun ini disampaikan Rusdi jga  diadakan baantuan PLTS SHS untuk rumah ibadah di wilayah Kecamatan Biduk Biduk. Meskipun sudah ada energi listrik melalui sistem pelayanan PLN, disampaikan Rusdi masyarakat mengharapkan ada dukungan PLTS SHS untuk cadangan. terutama untuk pemenuhan energi listrik rumah ibadah pada siang hari. “Kita juga adakan enam unit PLTS SHS ini untuk rumah ibadah di wilayah Kecamatan Biduk Biduk,” jelasnya.
Pemenuhan energi listrik di wilayah perkampungan terus menjadi prioritas Pemkab Berau yang dilakukan bertahap dengan mewujudkan pembangkit ramah lingkungan dengan biaya operasional yang tidak begitu besar. Pembangunan pembangkit dengan potensi yang ada dilakukan seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Setelah diwujudkan di Kampung Tembudan Kecamatan Batu  Putih, program yang sama kini bakal diwujudkan di wilayah pedalaman. Distamben mulai menyusun detail engenering desain (DED) untuk pembangunan PLTMH ini. “Ya memang ada kita lakukan kajian teknis dengan menyusun DED sebagai acuan dalam pengusulan anggaran pembangunan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *