Ada Sebuah Kampung di Jawa Barat Belum Teraliri Listrik

desa-belum-teraliri-energi-listrik

 

VIVAnews –Sebuah kampung di Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum teraliri listrik sampai sekarang. Kampung itu adalah Kampung Bhayangkara, Desa Cimahi, Kecamatan Caringin. Harapan warga untuk mendapatkan penerangan listrik yang sekian lama dinanti hingga kini belum terwujud.

Warga di kampung itu, selama ini tak pernah menikmati penerangan lampu listrik. Setiap malam tiba, mereka hanya menggunakan lampu cempor, atau lilin untuk penerang.

Hanya sebagian kecil warga yang tergolong ekonomi mampu dapat membuat alat penerangan alternatif dengan memanfaatkan tenaga surya, atau cahaya matahari.

Di kampung yang berjarak sekira 130 kilometer dari pusat kota Garut itu, ada lebih dari 20 kepala keluarga. Mereka tak memiliki televisi, atau perangkat elektronik lainnya, karena memang tak ada aliran listrik di sana.

Warga memang sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu, termasuk anak–anak usia sekolah. Sepulang sekolah, mereka segera membuka kembali buku mereka untuk mengulang pelajaran, atau pun mengerjakan tugas sekolah.

Tetapi, mereka melakukannya hanya sampai sore. Sebab, begitu matahari mulai terbenam, mereka tak lagi bisa belajar karena tak ada penerangan dari lampu listrik. Penerangan dari lampu cempor yang berbahan bakar minyak sangat terbatas.

Warga yang lumayan kaya pun harus membeli perangkat listrik alternatif dengan memanfaatkan tenaga surya, meski harganya tidak murah. Aliran listrik yang bersumber dari panel-panel tenaga surya yang tersimpan di luar rumah, disambungkan pada sejumlah accumulator, atau aki untuk menghasilkan listrik sederhana.

Meski begitu, sumber listrik yang tersimpan di aki itu tidak optimal karena sangat terbatas. Dari pagi hingga sore hari, hanya mampu menerangi satu lampu penerang rumah untuk setiap penggunaan satu aki.

Panel tenaga surya yang ada pun bukan tanpa kendala. Kadang, jika cuaca mendung dan sinar matahari terhalang, sudah dipastikan pasokan listrik tidak maksimal.

Letak desa yang terpencil ditengarai menyulitkan instansi terkait untuk mengalirkan listrik ke kampung itu.

(ANTV/Janur M. Bagus/asp)

(Sumber : viva.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *