agam.bursaenergiLubuk Basung, (AntaraSumbar) – Pemerintah Kabupaten Agam memasang sebanyak 40 unit penerangan jalan umum (PJU) di pusat kota dan jalan kabupaten pada 2016.
Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerja Umum Agam, Azwir di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan, PJU ini terdiri dari 30 unit lampu penerangan biasa dan 10 unit tenaga surya. “Ke 30 unit lampu ini akan dipasang di sepanjang jalan Muaro Putih, Nagari Tiku Lima Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara. Sementara 10 unit solar ceel ini dipasang di Gor Rang Agam Padang Baru Kecamatan Lubuk Basung,” terangnya. Ia menambahkan, pemasangan ini akan dilakukan dalam waktu dekat, karena saat ini sedang dalam proses pengadaan.
Lampu penerang jalan umum tenaga surya atau solar cell, merupakan lampu yang memanfaatkan tenaga matahari (UV) menjadi sumber energi. Lampu ini merupakan lampu tipe baru yang dilengkapi dengan “motion sensor” yang mampu menekan efisiensi energi sampai 50 persen.”Solar cell ini tanpa kabel dan hanya mengunakan baterai lithium. Lampu solar cell ini tanpa perawatan, tanpa kabel dan sangat efisien terhadap biaya,” katanya.
Pemasangan penerangan jalan umum ini bertujuan untuk penerangan bagi para nelayan yang berada di jalan Muaro Putuih Tiku Limo Jorong dan pengunjung Gor Rang Agam. Selain pemasangan JPU, pihaknya juga melaksanakan perawatan lampu penerangan jalan umum sebanyak 600 titik yang berada di Kota Lubuk Basung. Sementara warga Muaro Putih, Kandar menyambut baik pemasangan penerangan jalan umum di daerah itu karena selama ini tidak memiliki penerangan. “Saya mengucapkan terima kasih atas pemasangan penerangan jalan umum ini dan akan kami rawat dengan baik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *