Alternatif teknologi solar cell terkoneksi dengan PLN.BursaenergiGuna menghadapi krisis energi yang akan dihadapi Indonesia pada masa mendatang, Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupaya berinovasi dengan menggunakan energi baru terbarukan. Yakni teknologi solar cell yang dikoneksikan dengan jaringan yang dimiliki PLN.
Sebagaimana diketahui teknologi solar cell sendiri merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang mengubah matahari menjadi tenaga listrik. lalu listrik tersebut, dengan infektor akan di buat menjadi listrik yang bisa digunakan peralatan elektronik sehari-hari.
Menurut Hadi Suhana, Staf Divisi Distribusi Jawa Bali Kantor PLN Pusat, meskipun penggunaan sistem ini masih terbilang baru di Indonesia, namun diprediksi kedepannya akan bisa tumbuh dengan cepat. Sebab, didorong regulasi sudah sudah memungkinkan dan harga panel solar cell yang semakin murah.
“Ini peraturan baru yang membuka kesempatan kepada masyarakat yang akan memasang solar PV dan dikoneksikan dengan jaringan PLN. Jadi dirumah ini, instalasi solar PV nya itu sudah dikoneksikan ke jaringan PLN,” ujar Hadi saat ditemui usai kunjungan pemasangan solar cell di PT. Tesa Putra Adi Guna, Jalan Citamiang Kota Bandung, Jumat (7/8/2015).
Ditemui ditempat yang sama, penanggung jawab pemasangan Solar Cell Tecnology di PT. Tesa Putra Adi Guna, Amirah Kaca mengatakan, sebagai pilot projek penggunaan sistem teknologi ini di Kota Bandung, pihaknya ingin menunjukan inisiatif perkantoran, perumahan bisa memiliki dan menggunakan energi tenaga surya ini.  “Maanfaatnya banyak, selain membantu PLN mengatasi krisis energi, tapi juga mampu juga memberikan sumber tenaga listrik lebih ke PLN,” ujarnya
Dijelaskannya, sistem koneksi yang saat ini difasilitasi oleh PLN, memungkinkan rumah atau perkantoran yang menggunakan solar cell bertukaran daya listrik dengan PLN. “Jadi bisa tukeran, ketika malam kita engga punya listrik kan bisa ngambil ke PLN. Karena yang siangnya kita menyimpan daya di PLN, barter listrik lah dengan PLN,” jelasnya.
Selain itu, lanjut dia, keuntungan dari teknologi solar cell ini juga bisa memangkas tagihan listrik yang selama ini ada. Sebab, ada sistem pertukaran daya listrik itu tadi. “tapikan PLN itu ada minimum pembayaran, jadi setiap bulan kita hanya tinggal membayar tagihan minimumnya saja,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *