PJU Bengkulu.bursaenergiPenganggaran pemasangan lampu jalan tenaga surya tahun 2016 turun drastis hingga Rp 3,3 miliar dibanding tahun 2015 lalu, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

Dikatakan Kepala Dinas Kehutanan dan ESDM BS Toni Gusnaidi melalui Kabid Energi dan Ketenaga Listrikan Haryanto, anggaran pemasangan lampu jalan tenaga surya dari APBD BS pada tahun 2015 sebesar Rp 4,8 miliar. Namun pada tahun 2016 ini, anggaran pemasangan lampu jalan tersebut hanya Rp 1,5 miliar yang berarti terjadi pemangkasan sebesar Rp 3,3 miliar.

Menurutnya, pemangkasan tersebut terjadi karena gagal lelang yang dilaksanakan pada akhir tahun lalu. Dimana tidak ada satu kontraktor yang mampu memenuhi syarat untuk pelaksanaannya. Hingga saat ini pihaknya dalam tahap penyusunan dokumen pengadaan tender, yang nantinya akan diumumkan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektonik (LPSE).

“Tahun ini ada pemangkasan anggaran untuk pemasangan lampu jalan tenaga surya sebesar Rp 3,3 miliar, dimana pada tahun lalu sebesar Rp 4,8 miliar dan kini menjadi Rp 1,5 miiar,” kata Haryanto, Jumat (12/2/2016).

Sementara itu, untuk titik pemasangan lampu jalan belum diketahui, karena masih dilakukan pembahasan. Diharapkan untuk tahun ini pihaknya pemasangan lampu jalan tenaga surya tersebut dapat berjalan dengan baik dan tidak mengalami kegagalan seperti tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *