gambar 5ASAN- Pabrikan mobil asal Korea Selatan akan memasang atap photovoltaic sebagai sumber tenaga listrik menggunakan sinar matahari pada pabrik mereka di Asan. Usaha ini dilakukan sebagai ekspansi pemakaian energi yang dapat diperbarui sekaligus mengurangi dampak global warming.

Pabrik Asan akan digunakan sebagai induk, sementara Korea Electric Power Corporation (KEPCO) akan membeli energi listrik yang dihasilkan dari sel surya. Kemudian menjualnya kembali kepada wilayah di sekitar pabrik, termasuk kota Asan.

Dibantu Korea Midland Power Co., Ltd. (KOMIPO), Hyundai merencanakan akan memasang 40.000 sel surya photovoltaic pada atap bagian press, pengelasan, perakitan, dan pembangunan mesin sampai akhir tahun 2013.

Pabrik Asan memiliki luas 213.000 meter persegi dan 68 persen atap bangunannya akan dipenuhi dengan modul tenaga surya tersebut. Prediksinya titik puncak produksi listrik akan mencapai 10 MW. Kapasitas tersebut mampu menyuplai 11,5 juta KWh per tahunnya, atau memberikan jatah listrik bagi 3.200 rumah.

Untuk menghasilkan jumlah tersebut, pembangkit listrik thermoelectric melepaskan 5.600 ton karbon dioksida. Emisi yang dapat dicegah karena digunakan oleh pembangkit listrik photovoltaic. Pengurangan 5.600 ton emisi karbon dioksida setara dengan efek menanam 1,12 juta pohon pinus di lingkungan.

Seluruh pembangunan hanya akan menggantikan atap lama tanpa adanya perubahan pada konstruksi yang bisa menyebabkan isu lingkungan hidup. Menurut keterangan resminya, Asan dipilih dengan alasan di pabrik inilah Hyundai Sonata Hybrid dibangun, berikut juga dengan Sonata dan Grandeur/Azera

 

Sumber By www.okezon.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *