Sekretaris lampung.bursaenergiDuajurai.com, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berencana akan menerapkan pembangkit listrik tenaga surya di Bumi Ruwa Jurai. Hal ini guna mengurangi beban listrik di Provinsi Lampung, sehingga bisa meminimalisir adanya defisit listrik, terlebih di musim kemarau seperti saat ini.
“Ada pembangkin listrik tenaga surya yang sudah ditemukan dan lebih mudah dilakukan, dengan memanfaatkan sinar matahari lebih memungkinkan di tempatkan di wilayah terpencil dan terisolir,sehingga distribusi di perkotaannya jadi tidak terganggu kalau memang di wilayah kabupaten bisa kami kembangkan listrik tenaga surya itu,” kata Sekretaris Provinsi Lampung Arinal Djunaidi saat ditemui di Balai Keratun, Pemprov Lampung, Senin, 5/10/2015.
Arinal mengatakan, pengadaan pembangkit lisrik tenanga matahari itu sekedar membantu mengurangi defisit listrik di Lampung. “Sebab pekerjaan ini bukan hanya dimonopoli oleh PLN, tapi pemerintah provinsi dan pusat serta investor harus bisa sama-sama bekerja. Tapi yang penting juga, kebijakan itu (menjaring invesor) harus diamankan, jangan sampai ada investor yang sudah jadi malah di-obok-obok,” kata dia.
Dijelaskan Arinal, Pemprov Lampung berupaya agar potensi yang ada di Lampung secepatnya dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan listrik, karena pembangunan pembangkit yang ada dengan pertumbuhan penduduk, kebutuhan rumah tangga dan perkembangan industri dinilai masih tidak seimbang.
“Oleh karena itu kami sedang berusaha untuk menghadirkan beberapa investor dan mempercepat pembangunan jaringan Sumatera interkoneksi supaya lebih cepat berfungsi,” imbuh Arinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *