PLTS BaliJakarta -Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said hari Minggu (7/6/2015), bertemu Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, untuk membahas dan menyampaikan visi menjadikan Bali sebagai wilayah percontohan energi bersih. Pertemuan ini dilakukan disela-sela kunjungan kerja Sudirman Said ke Provinsi Bali.

Menanggapi hal tersebut, Sudikerta menyambut baik rencana Menteri ESDM. Hal ini sejalan dengan visi untuk menjadikan Bali yang clean and green. Percontohan energi bersih ini akan dilakukan dengan antara lain melalui pemanfaatan gas untuk pembangkit listrik, pengembangan jaringan gas kota, memaksimalkan energi baru, terbarukan dan penerapan prinsip-prinsip energi bersih.

Sudirman menjelaskan, bahwa hasil pertemuan dengan Wakil Gubernur Bali ini akan ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana kerja bersama dengan menugaskan Tenaga Ahli Menteri ESDM bidang EBTKE Dr. William Sabandar dari pihak Kementerian ESDM. Sementara itu, Provinsi Bali menugaskan Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM, serta Pemerintah Daerah Bali untuk menindaklanjuti rencana pengembangan energi bersih ini.

“Pemilihan Bali sebagai wilayah percontohan karena banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, sehingga penetapannya sebagai wilayah percontohan dapat cepat tersebar dan diikuti wilayah lainnya,” kata Sudirman Said dalam keterangannya, Minggu (7/6/2015).

Sebagaimana diketahui, Provinsi Bali telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berlokasi di Kabupaten Karangasem dengan kapasitas 1 MWp On-Grid, PLTS Bangli 1 MWp On-Grid dan 6 Unit PLTS 15 kWp Off-Grid.

Selain itu, di 2014 lalu telah dibangun PLT Biomassa berkapasitas 400 kw dengan limbah bambu sebagai bahan baku.

by finance.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *