bali-punya pembangkit tenaga surya senilai rp 26 miliarMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Karangasem 1 dengan kapasitas maksimal terpasang 1 megawatt (MW) dan PLTS Bangli 1MW.

Menurutnya, Bali merupakan wilayah percontohan pengermbangan energi surya yang merupakan energi baru terbarukan.

Acara peresmian PLTS dengan kapasitas maksimal terpasang paling besar di Indonesia ini berlangsung di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Dalam peresmian ini dihadiri pula staff ESDM, Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Bupati Karangasem Wayan Geredeg dan Direktur Operasi Jawa Bali Ngurah Adnyana.

“Proyek ini adalah PLTS yang terbesar sekarang ini. Sementara ini yang terbesar. 1 MW terbesar,” ujarnya saat sambutan peresmian PLTS di Karangasem, Bali, Senin (25/2).

Dia menambahkan, proyek PLTS ini mempunyai luas 1,2 hektar dan nilai investasinya sebesar Rp 26 miliar. Sementara, aliran listrik nantinya akan tersambung langsung (on grid) dengan PLN dengan masa operasi 20 tahun. Namun, untuk penggunaan saat ini hanya bisa dipakai siang hari. Sedangkan malam, masyarakat masih akan dialirkan listrik dari PLTD.

“Jadi siangnya langsung ke kota, malamnya belum bisa hidup. Jadi siang diesel itu boleh dimatikan, malamnya itu pakai diesel. Jadi paling tidak separuh bisa mengurangi,” jelasnya.

Menurutnya, sumber energi surya potensinya masih sangat besar di Indonesia yang merupakan negara yang berada di zona khatulistiwa. Energi surya dinilai lebih efisien seperti dari segi biaya produksi.

“Kalau batu bara kita harus mengangkut, kalau matahari matahari yang datang, Tuhan sudah memberikan kita yang memanfaatkan,” katanya.

Melalui proyek percontohan pengembangan energi surya di Bali, Jero mengajak semua kalangan untuk mengembangkan energi surya sebagai sumber energi listrik di daerah lain. “Saya akan umumkan siapa yang akan membuat tenaga matahari lihatlah di Bali. Tapi setelah pulang buatlah,” ungkapnya

Selain itu, Jero juga meresmikan 6 PLTS berkapasitas masing-masing 15 kwp (off grid). PLTS tersebut juga berlokasi di provinsi Bali. Dia memastikan 608 kepala keluarga akan terpenuhi kelistrikannya.

Sumber By www.merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *