lampu.bursaenergiBantul (Antara Jogja) – Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun anggaran 2015 akan memasang sekitar 50 lampu penerangan jalan umum dengan menggunakan “solar cell” atau tenaga surya.

“Sudah diusulkan anggarannya sebesar Rp1,7 miliar untuk pengadaan penerangan jalan umum (PJU) solar cell, kalau satu unit harganya sekitar Rp35 juta berarti bisa untuk 50 PJU,” kata Kepala Dinas Perhubungan setempat Suwito di Bantul, Senin.

Menurut dia, anggaran pengadaan PJU tenaga surya tersebut diusulkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015, dan realisasinya kapan masih dalam pembahasan bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Bantul.

Ia mengatakan, jika disepakati 50 PJU tenaga surya tersebut akan dipasang di 50 titik ruas jalan yang tersebar di beberapa kecamatan Bantul terutama di ruas yang menurut pertimbangan pihaknya membutuhkam penerangan jalan.

Untuk menentukan ruas jalan yang akan dipasang PJU tersebut, pihaknya bersama stakeholder terkait melakukan kajian ruas jalan mana saja yang membutuhkan, dengan mempertimbangkan masukan dan permintaan dari masyarakat.

“Itu (PJU tenaga surya) fleksibel bisa ditaruh di mana saja bisa, namun kami perhatikan skala prioritas, karena kalau untuk memenuhi semua permintaan, kebutuhannya banyak, lebih dari itu,” kata dia.

Suwito mengatakan pemasangan PJU dengan teknologi tenaga surya memang membutuhkan biaya yang lebih mahal ketimbang PJU dengan teknologi LED, namun diakui dari sisi perawatan membutuhkan biaya yang lebih murah per tahunnya.

“Apalagi saat ini di Bantul jumlah PJU tenaga surya masih sedikit, namun saya tidak hafal jumlahnya, makanya kami berupaya menambah, targetnya seluruh kecamatan (17 kecamatan) ada (PJU tenaga surya), sehingga yang sudah ada tidak dulu,” katanya.

Ia mengatakan, upaya pemasangan sarana penerangan jalan ini untuk menekan biaya tagihan listrik di sektor lalu lintas, mengingat teknologi ini menggunakan baterai kering yang fungsinya menyerap panas sinar matahari menjadi energi listrik.

“Harapannya dengan PJU solar cell, bisa melakukan penghematan penggunaan listrik, karena energi listrik dari tenaga surya ini bisa disubsidikan dengan PJU yang gunakan listrik,” kata dia.

By jogja.antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *