PJU Tenaga Surya Jepara Jawa Tengah Bursa Energi

Lampu tenaga surya (LTS) yang ada di Kabupaten Jepara sempat banyak yang mengalami kerusakan. Namun, saat ini Pemkab Jepara mamastikan bahwa LTS yang tersebar di beberapa wilayah itu telah diperbaiki oleh Pemprov Jawa Tengah.

Kabid ESDM pada Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara Ngadimin menjelaskan, Pemprov Jawa Tengah sudah mulai melakukan perbaikan pada sejumlah lampu yang rusak. Diperkirakan, proses perbaikan telah mencapai 50 persen lebih. “Lampu tenaga surya yang ada di Jepara sekitar 120 unit. Sebagian besar yang mengalami kerusakan sudah diperbaiki oleh pemprov,” ujar Ngadimin kepada MuriaNewsCom, Rabu (13/4/2016).

Menurutnya, lampu-lampu tersebut terpasang di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Jepara, di antaranya ruas jalan provinsi di Kecamatan Keling, dan jalan kabupaten di Kecamatan Batealit dan Nalumsari. Hanya saja, sebelumnya tidak semua lampu tersebut dalam kondisi normal. “Sebagian besar malah mati. Baik karena kerusakan baterai. Hingga pencurian oleh oknum tak bertanggungjawab,” ungkap dia.

Ngadimin menambahkan, sejak terpasang, memang ada beberapa lampu yang tidak berfungsi sama sekali sejak terpasang. Hanya saja, dia menolak menyebutkan berapa unit lampu yang mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *