IMG-20141121-00197-635x350Sebanyak tujuh unit baterai lampu jalan tenaga surya di Kabupaten Gayo Lues hilang dicuri maling. Diduga, baterai lampu LPJU (Lampu Penerangan Jalan Umum) PLTS (pembangkit Listrik Tenaga Surya) itu dijual oleh maling karena harganya cukup tinggi.

Irwan, salah satu operator LPJU Dinas Pertambangan dan Energi Jum’at (3/4) mengatakan, modus pencurian baterai lampu jalan itu dengan cara membuka empat baut di bagian bawah tiang. Setelah tiang listriknya tumbang, para komplotan membuka tempat penyimpanan baterai dan membawanya.

“Kami sering mengecek lampu tenaga surya itu, malahan hampir setiap malam meronda di beberapa titik. Tapi tetap saja bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya. Akibatnya, banyak lampu jalan yang padam.

Ke-tujuh baterai yang dicuri antara lain, lima unit di kawasan RSUD Kecamatan Dabun Gelang, satu unit di kawasan kantor DPRK, dan satu unit lagi di daerah Blangsere, lokasi perumahan Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasim.

“Kita heran dengan masyarakat sekarang, entah untuk apa kegunaan baterai itu. Padahal untuk baterai mobil tidak bisa digunakan, terkecuali untuk baterai lampu tenaga Surya,” katanya. Selain baterai, kawanan maling juga sering mencuri kabel lampu jalan di daerah Desa Sere dan Desa Penggalangan.

Di Desa Sere dan Pengalangan, Irwan mengatakan sempat dua kali kehilangan kabel lampu di median jalan. Kabel itu sebelumnya ditanam dalam tanah, tapi semenjak dicuri, Dinas Pertambagan dan Energi akhirnya membuat kabel di atas tiang guna menghindari pencurian.

“Kami berharap kepada agen penampun baterai, agar tidak membeli baterai hasil curian itu. Kepada masyarakat Gayo Lues, jika ada melihat gerak gerik orang yang ingin mencuri kabel atau baterai lampu jalan, agar segera melaporkan ke kepolisian terdekat ataupun kepada Distamben” pintanya.
Jauh sebelumnya baterai lampu jalan tenaga surya di kawasan Saree, Aceh Besar juga nyaris habis dicuri maling. Hingga saat ini belum ada pencuri yang berhasil ditangkap.

by harianaceh.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *