becak TSDinas Koperasi, Perindag dan ESDM
meluncurkan becak bertenaga matahari. Uji coba becak tenaga surya (caksur) itu secara lansung dijajal oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah di terminal Larangan Sidoarjo Rabu(20/3/2013).

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Perindag dan ESDM Fenny Apridawati, caksur ini karya dari stafnya yang ada di ESDM. Pembuatan uji coba caksur ini menghabiskan sekitar Rp 17 juta. “Ini tahap ujicoba, nantinya kalau sudah tahap penyempurnaan, pastinya biayanya bisa dibawahnya,”terangnya.

Dia mengemukakan, rencananya caksur ini akan diproduksi secara banyak,
jika sudah mendapatkan ijin dari Bupati dan instansi terkait. “Caksur
akan di pasarkan kepada PKL dengan harga yang menjangkau,”tandasnya.

Meski dalam kondisi mendung, caksur masih bisa dipergunakan karena juga bisa menyimpan tenaga surya yang ada. Ketahanan tenaga surya, bisa sampai sehari semalam. “Tidak hanya kena sinar matahari, kena sinar panas lampu diatasnya, juga bisa menyerap menjadi tenaga yang diperlukan caksur,” terangnya.

Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah menyambut senang dengan temuan ini. Dia juga mensetujui caksur diproduksi di Sidoarjo, sesudah adanya penyempurnaan. “Syukur kalau caksur ini juga diprogramkan untuk PKL, pengangguran dan korban PHK perusahaan,” imbuhnya.

Sumber by www.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *