Bantuan TS BI.BursaenergiBALIKPAPAN (SK) – Bank Indonesia (BI) menunjukkan kepeduliannya. Otoritas moneter tersebut mengupayakan agar masyarakat di Kabupaten Kutai Timur dapat juga merasakan energi listrik sebagai katalis menyejahterakan hidup.
BI senantiasa menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab sosial untuk memecahkan masalah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di berbagai area di Indonesia.
Kepedulian tersebut, antara lain, Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), meliputi penyediaan energi listrik terbarukan.
Dalam kunjungan ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Guberrnur BI Agus DW Martowardojo menyerahkan bantuan penyediaan energi listrik terbarukan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk warga di Desa Sekerat, Kec. Bengalon Kabupaten Kutai Timur.
Desa Sekerat dihuni oleh 688 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari empat dusun, yaitu Dusun Sekerat Pantai sebanyak 133 KK, Dusun Mampang (108 KK), Dusun Sekurau Bawah (256 KK), Dusun Sekurau Atas (191 KK).
Sampai saat ini, penduduk Desa Sekerat belum terlayani oleh listrik PLN dan masih menggunakan genset berbahan bakar solar secara swadaya.
“Bantuan listrik energi terbarukan (PLTS) ini sekaligus diharapkan akan mendukung pengembagan wilayah Desa Sekarat sebagai destinasi ekowisata yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur,” kata Agus di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (10/8).
Selain itu, BI juga menyerahkan bantuan Fasilitas BI Corner. Pemberian itu sendiri langsung diberikan oleh Agus di STIKOM Balikpapan.
Dalam waktu dekat ada 3 BI Corner lainnya yang akan dibangun di Kalimantan Timur. Yaitu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani, Balikpapan, perpustakaan daerah Provinsi Kalimantan Timur, perpustakaan daerah Kota Tarakan.
Program BI Corner dibentuk atas dasar kesadaran mengenai perlunya meningkatkan pengetahuan dan mendukung pendidikan masyarakat Indonesia.
Selain tersaji dalam bentuk cetak, masyarakat dapat menikmati beragam informasi dalam bentuk digital serta audio visual.
By www.suarakarya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *