BLH Pasang Lampu Jalan.bursaenergiGENDING – Jumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya di sepanjang Jalan Pantura Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, yang mati terus bertambah. Bila pertengahan tahun lalu hanya  ada sekitar 7 PJU, sejak beberapa bulan terakhir sudah ada 11 PJU  yang tak menyala.
Artinya, dari total sekitar 25 titik PJU, kini tersisa 14 PJU yang masih  menyala. Akibatnya, Jalur Pantura di mana titik PJU mati menjadi  gelap. Dari belasan PJU yang mati  itu, sekitar 5 PJU terpasang di sekitar Pantai Bentar.
Sedangkan,  sisanya ada di Desa Pajurangan,  Kecamatan Gending.  Kabid Pertamanan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Probolinggo Zaenal Anshori mengatakan, masalah PJU tenaga surya itu merupakan kewenangan  Pemprov Jawa Timur.
Pihaknya pun telah memberitahukan tentang adanya PJU yang mati  itu. Tapi, sejauh ini belum ada tanggapan. Pihaknya juga sudah berkoordinasi tentang kewenangan pemeliharaannya. Perihal ini juga belum  ada jawaban.
“Kami sudah koordinasi dengan pemprov. Tapi, belum ada jawaban. Termasuk, soal pemeliharaannya, apa nanti ada penyerahan kepada kami (pemkab), juga belum ada jawaban,” ujarnya, kemarin (18/1). Karenanya, Zaenal mengaku, pihaknya juga belum tahu apakah nanti PJU itu akan diserahkan kepada pihaknya atau tidak. Padahal, PJU itu sudah lama dibangun.
“Masa pemeliharaan PJU itu sudah lewat. Nanti, kami koordinasikan lagi,” ujarnya kepada Jawa Pos  Radar Bromo, kemarin. Zaenal mengatakan, selama ini memang banyak masyarakat yang mempertanyakan banyaknya PJU yang mati itu.
Tapi, karena itu  menjadi kewenangan pemprov, pihaknya pun menyampaikan keluhan itu ke pemprov. Tapi, untuk mengatasi kegelapan, BLH tak selalu bergantung para pemprov. Tahun kemarin, BLH  sudah memasang 18 PJU baru di sejumlah titik di Jalan Pantura.
Termasuk, di Jalan Pantura dekat Pantai Bentar, Kecamatan Gending. Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, sejumlah PJU yang mengambil aliaran listrik dari PLN itu terpasang tak jauh dari PJU tenaga surya yang mati.
Zaenal mengatakan, pihaknya sengaja memasang PJU baru di Jalan Pantura dekat Pantai Bentar, itu karena jalannya gelap setelah PJU tenaga surya yang dipasang pemprov mati. Disana, pihaknya  memasang 4 PJU baru.
“Di Bentar  ada 4 PJU baru yang kami pasang  tahun kemarin,” ujarnya.  Sejatinya, menurut Zaenal, tahun kemarin pihaknya memasang 18  PJU Baru yang dananya bersumber dari Perubahan APBD 2015. Belasan PJU yang dipasang di sepanjang Jalan Pantura mulai Kecamatan  Kraksaan sampai Kecamatan  Tongas, itu menela dana Rp 179  juta.
“Dipasang di titik-titik tertentu. Terutama di jalur yang gelap dan  rawan kecelakaan. Serta, ada jaringan  listrik dan meterannya. Karena listriknya dari PLN bukan  tenaga surya,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *