Lampu Solar Cell.bursaenergiKLIKBONTANG– Lima tiang lampu di media Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Gunung Telihan, Kecamatan Bontang Barat masih saja padam. Usut punya usut ternyata, baterai lampu solar cell kelima tiang itu raib entah kemana.
Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bontang, Sutrisno mengungkapkan, jika kelima lampu jalan itu memang padam. Tiap tiang memiliki dua buah baterai berdaya 12 volt., jika ditotal ada sebanyak 10 baterai yang hilang jika diuangkan nilainya Rp 25 juta. “Harga satu baterainya itu Rp 2,5 juta,” ujar Sutrisno saat ditemui Klik Bontang di kantor DPK Bontang Jalan Piere Tendean, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kamis, 4 Februari 2016.
Dia menduga dicuri oknum warga. Pasalnya letak baterai itu berada di tengah tiang lampu yang tingginya berkisar 3-4 meteran. Artinya, untuk mengambil lampu itu harus menggunakan tangga dan alat khusus untuk melepaskannya. “Lokasinya sepi dari arus kendaraan, seperti di dekat kuburan Toraja dan Lembah Hijau Kelurahan Bontang Lestari. Kami juga enggak tahu mau diapakan baterai tersebut,” jelas dia.
Usai mengetahui raib, DKP Bontang pun sudah melaporkannya ke kepolisian agar peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi. Karena bukan hanya merugikan Pemkot tapi para pengguna jalan, khususnya masyarakat terutama saat malam melintas.
Lalu saat disinggung mengenai waktu pergantian baterai, dirinya mengaku harus menunggu pengadaan barang lagi. Namun, dia pun tetap mengimu agar masyarakat ikut menjaga lampu jalan yang berada di daerah mereka masing-masing, terutama lampu jalan berdaya sinar matahari. “Kalau lihat orang memakai tangga atau tidak memakai seragam DKP saat memperbaiki lampu segera hubungi kami. Bisa jadi mereka gerombolan pencuri baterai solar cell,” imbaunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *