BANDA ACEH – Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) mendapat bantuan hibah seperangkat pembangkit listrik tenaga surya (solar cell) berkapasita 3 Kilowatt (kW) dari sebuah perusahaan dari Korea Selatan, Kwang Myung Electrik CO Ltd (KMEC).

“Penyerahan seperangkat peralatan solar cell itu telah dilakukan 4 Februari 2015 kemarin dan langsung dipasang di halaman Kantor BPKS Sabang untuk difungsikan,” kata Kepala BPKS, Fauzi Husin, didampingi Kepala Deputi Pembangunan, Ir Fajri, kepada Serambi, Kamis (5/2).

Saat penyerahan tersebut hadir Direktur Executif KMEC, Mr Yoo Yang Woo, Deputi Menejer perusahaan, Lee Kenn Jin, perwakilan dari Korea yang berkantor di Aceh, Mr Lee Yoon Seok, serta beberapa orang lainnya.

Fauzi mengatakan, pemberian hibah ini merupakan bukti awal kerjasama BPKS dengan Edu Mirae Korea dengan nama PT Sabang Mirea Energy, yang akan membangun pabrik solar cell di Balohan, Sabang.

“Sabang sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas akan sangat membutuhkan listrik tenaga surya, baik untuk penerangan jalan, gedung dan kebutuhan listrik sehari-hari masyarakat,” imbuhnya.

Solar cell, kata Fauzi, merupakan sumber energi listrik yang ramah lingkungan, tanpa polusi serta sangat efisien dan efektif. “Solar cell sangat tepat menjadi alternatif pembangkit listrik di kawasan wisata,” imbuhnya.

Fauzi menceritakan, KMEC dua tahun lalu telah pernah menyatakan niatnya untuk membangun pabrik perakitan industri solar cell di Sabang. BPKS juga telah menyiapkan lahan untuk itu. Namun karena KMEC belum mendapat pasar di Indonesia, maka pembangunan pabrik ditunda.

“Kemarin saat penyerahan, mereka kembali menyatakan ingin membangun pabrik perakitan solar cell karena sudah mendapatkan pesanan dari Indonesia,” ungkap Fauzi.

Kehadiran pabrik ini menurutnya bisa mempermudah dan mengatasi krisis daya dan listrik yang terjadi di Sabang. Selama ini, total kebutuhan daya listrik di Sabang disebutkan sebesar 75 Megawatt (MW). Sementara yang mampu disuplai dari PLN berkisar antara 5 sampai 10 MW.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *