z1

Bogor – Dalam satu minggu ada sekitar 200 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Bogor yang padam. Selain faktor alam, ada juga tangan jahil yang menjadi penyebabnya.

Untuk antisipasi makin banyaknya lampu yang padam, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor akan memperbaiki kualitas lampu.

Sejauh ini, DKP Kota Bogor masih memakai lampu merek abal-abal dengan kualitas menengah. Selain itu mereka akan memperketat pengamanan pada jalur lampu pararel di Kota Bogor.

Dari data yang dihimpun di Bagian PJU DKP Kota Bogor, pada 2014 penyebab utama kerusakan 200 lampu dari 13.629 titik dalam satu minggu adalah karena ranting. Selain itu, jaringan kabel merupakan jaringan lama.

Kepala DKP Kota Bogor Irwan Riyanto mengatakan, pihaknya membentuk tim perawatan yang lebih solid untuk menangani lampu PJU yang padam. Dia mengungkapkan, saat ini ada tiga tim, dan masing-masing tim terdiri dari 6 orang. Dalam sehari, satu tim bisa mengerjakan 6-10 titik.

Irwan menjelaskan, banyaknya lampu yang padam salah satunya karena jaringan listrik yang digunakan seri, sehingga ketika satu lampu mati, berakibat pada lampu lain pada jalur yang sama.

“Penyebab lainnya bisa karena hujan dan ada juga yang tangan nakal ambil barang-barang kami,” ungkapnya kepada INILAHCOM ketika dihubungi, Minggu (1/3/2015).

Dia menambahkan, pihaknya pun berencana mengganti sejumlah lampu dengan lampu LED. Menurutnya, pemakaian lampu LED dinilai lebih hemat energi.

“Kalau yang dulu ke lingkungan kurang bersahabat, terutama kepada tanaman. Untuk dananya kami gandeng CSR dari Prancis, dari pihak luar siap membantu kita,” tambahnya.

Irwan juga berharap, para pengusaha di Kota Bogor dapat membantunya untuk masalah penerangan jalan di Kota Bogor. “Kalau ada perusahaan atau pengusaha yang ingin membantu kami, itu sangat bagus karena kami berharap itu. Sehingga pada malam hari Bogor tetap terang,” tuntasnya.

Sumber : http://www.inilahkoran.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *