Kepala Desa BetingSELATPANJANG, GORIAU.COM – Tahun ini Desa Beting Kecamatan Rangsang Pesisir dapat bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Energi ini pun diprioritaskan untuk warga suku akit yang tak mampu masuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Desa Beting, Sutarno, kepada GoRiau, Selasa (22/6/2015). Kata Sutarno, Ia baru saja mempersiapkan berkas agar PLTS itu segera di lelang Distamben Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, segala berkas untuk administrasinya sudah saya lengkapi. Tunggu lelang saja lagi,” ujarnya.

Sutarno mengaku, PLTS itu nantinya akan ditempatkan di Dusun Banau. Dimana, energi penerang ini nantinya diprioritaskan untuk warga suku akit yang tak mampu masuk PLTD.

“Ada sekitar 100-an KK yang tergolong tak mampu, mereka yang akan kita utamakan,” ungkapnya.

Adapun sistem PLTS itu nantinya terpusat. Dimana, untuk sentral pengecasan akan diletakkan di Dusun Banau. Alirannya langsung ke rumah warga yang tak mampu. Energi PLTS ini pula hanya untuk penerang rumah.

“Ini hanya untuk penerang, tidak bisa main TV dan sebagainya. Pengecasannya terpusat, kalau daya (cas nya) sudah habis, maka lampu akan padam dengan sendirinya,” kata Sutarno menjelaskan.

Ketika ditanya tentang jatah daya setiap KK, Sutarno belum bisa memastikan. Sebab, sampai saat ini Ia sendiri belum mengetahui berapa besar kapasitas dari PLTS itu nantinya. “Kita lihat kemampuannya, baru bisa dibagikan ke rumah warga yang kurang mampu itu,” ujarnya pula.

By www.goriau.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *