051844900_1427004015-atap_rumahPrancis – Setelah menyematkan turbin angin di menara Eiffel agar bisa menyimpan energi listrik untuk pencahayaan di malam hari, pemerintah Prancis baru-baru ini membuat peraturan baru, yang mengharuskan atap bangunan di zona komersial dipasangi panel surya atau meletakkan tanaman di atasnya.

Mengutip laman Ubergizmo, Senin (23/3/2015), peraturan ini diberlakukan untuk penghematan energi. Konsep `atap hijau` tersebut diklaim dapat membantu mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk memanaskan bangunan selama musim dingin dan mendinginkan bangunan di musim panas.

Sejumlah ahli ekologi mengatakan, `atap hijau` juga akan membantu alam, dalam arti dapat memberikan burung tempat bersarang di area yang mungkin akan dikenal sebagai hutan beton.

Namun hal ini akan terjadi jika bangunan tertentu memilih untuk menggunakan tanaman, bukan panel surya. Panel surya memiliki keunggulan sendiri, yang mana dapat digunakan untuk membantu memberikan energi yang berkelanjutan bagi bangunan tertentu.

Dengan demikian, teknologi panel surya pada gilirannya juga dapat membantu mengurangi tagihan listrik secara keseluruhan.

Sebelumnya, beberapa aktivis menyerukan semua bangunan baru memiliki panel surya atau tanaman yang dipasang di atap, namun pemerintah Prancis meyakinkan mereka untuk membatasi ruang lingkup dengan hanya memberlakukan pada bangunan komersial.

tekno.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *