Kota Malang Sudah Terapkan PJU Tenaga Surya - Hanya Butuh Anggaran Rp 195 Juta - Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya -/foto: ist

 

Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Malang sudah mulai bisa menghemat pemanfaatan energi listrik. Sebab, PJU di Kota Pendidikan ini telah memanfaatkan sumber enerji terbarukan, dari tenaga surya (solar cell).

Pemanfaatan sumber energi tersebut diakui Kepala DKP Kota Malang, Wasto, Senin (24/12/2012).

Baca juga: Diduga Genset Korslet, Balaikota Malang Nyaris Kebakaran dan Diknas Kota Malang Minta Anggaran Rp 166 M

Dia menjelaskan, bahwa penggunaan solar cell itu dilakukan dengan cara mengganti lampu konvensional dengan lampu yang menggunakan tenaga surya.

“PJU yang memanfaatkan solar cell itu masih belum secara keseluruhan. Kita masih mengawali di Jalan Veteran. Pemanfaatan solar cell itu kita harapkan bisa secara keseluruhan nantinya,” jelas Wasto yang mantan Kabag Hukum itu diamini Kabid Pertamanan DKP
Kota Malang, Slamet Husnan.

Wasto yang juga mantan Asisten I Sekkota Malang ini mengatakan bila lampu solar cell yang dipasang di Jalan Veteran itu sebanyak 8 titik itu menggunakan anggara dari APBD 2012 sebanyak Rp 195 juta.

Dia menjelaskan,kekuatan lampu solar cell itu 150 watt. Pada siang hari, saat ada terik matahari lampu tersebut bisa menyimpan tenaga matahari. Panas tersebut, tutur dia, mekanismenya disimpan dalam baterai yang memiliki daya simpan 60 ampere.

Lampu itu akan menyala secara otomatis jika suasana di sekitar gelap. Maka. Lampu secara otomatis akan menyala. Makanya, tandas dia, lampu itu secara normal menyala mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. “Tapi kalau mendung dan gelap pada siang hari bisa saja lampu menyala secara otomatis,” ungkapnya.

Kendati begitu, DKP mengaku belum bisa memastikan berapa tingkat efisiensi yang bisa diperoleh. Alasannya, sejak memanfaatkan lampu
bertenaga surya pihaknya belum pernah menghitung. Sehingga belum diketahui berapa penghematan yang diperoleh.

Namun yang pasti, lanjut dia, pemanfaatan lampu solar cell itu sangat ramah lingkungan. Sebab, tidak perlu pemasangan kabel-kabel yang rumit dan harus ditata secara bagus.

Karena itu, DKP berencana akan memanfaatkan lampu PJU dengan solar cell. “Tahun 2013 kita akan tambah 50 titik lagi di kawasan lainnya. Itu karena menjadi salah satu penilaian Adipura,” papar dia.@aji dewa roisky

Sumber by www.lensaindonesia.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *