KUDUS – Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dengan menggunakan tenaga surya atau matahari, terbukti mampu memberikan alternatif bagi daerah yang belum terjangkau jaringan listrik, sekaligus juga sebagai penghematan energi terhadap penggunaan listrik PLN. Terkait hal itu, Bidang Energi Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kabupaten Kudus, pada tahun anggaran (TA) 2016 ini, memprogramkan pemasangan LPJU tenaga surya pada sejumlah ruas jalan, yang sasarannya pada daerah Kudus utara, diantaranya ruas jalan Desa Menawan – Rahtawu, Kecamatan Gebog.

Kepala Bidang Energi Dinas BPEDM Kabupaten Kudus, Tulus Santosa, yang dihubungi isknews.com, Jumat (8/1), mengatakan hal itu. Menurut dia, pertimbangan dari pemasangan LPJU tenaga surya sekarang ini, adalah pada daerah tersebut memang sudah ada jaringan listrik PLN, akan tetapi pemakaiannya daya listrik pada travonya sudah over atau maksimal, sehingga kalau pemakaiannya ditambah, sudah tidak memungkinkan, apalagi untuk LPJU yang kebutuhan daya listriknya sangat besar. “Karena, pilihannya ya dengan memasang LPJU tenaga surya,” jelas Tulus.

Dari pengadaan pada TA 2015 lalu, beberapan ruas jalan yang dipasang LPJU tenaga surya, adalah ruas jalan SMA-1 Bae – Desa Megawon (Kecamatan Jati), sebanyak 14 titik, ruas jalan Desa Pladen – Sidomulyo (Kecamatan Jekulo), sebanyak 16 titik, dan ruas jalan Bulung Cangkring – Perbatasan Pati, juga sebanyak 16 titik. “Di ruas jalan itu semuanya sudah ada jaringan listrik PLN, akan tetapi pemakaian oleh masyarkat sudah over, sehingga LPJU yang kami pasang memakai tenaga surya.”
Tulus selanjutnya menjelaskan, pada TA 2016 ini, proyek pengadaan LPJU tenaga surya itu akan dilanjutkan, dan sasaranya adalah daerah atau desa yang ada kaitannya dengan akses menuju obyek wisata di daerah Kudus utara, yakni obyek wisata Rahtawu, Kecamatan Gebog dan obyek wisata Colo, Dawe.

Untuk Kecamatan Gebog, yang akan dipasang LPJU tenaga surya adalah ruas jalan Menawan – Rahtawu, sedangkan untuk Kecamatan Dawe, ruas jalan Tergo – Cranggang dan Colo – Dukuh Waringin. “Dengan dipasangnya LPJU tenaga surya itu, diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan peningkatan kunjungan wisatawan di Rahtawu dan Colo.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *