f2

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Pantai Gesing, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang yang sebelumnya gelap gulita kini sudah terang benderang setelah dipasangan jaringan listrik surya seel. Di lokasi ini terpasang 84 unit suryasell yang bisa menghasilkan 15 kilowatt, untuk menerangi 44 rumah, kios, dan 20 unit lampu penerangan jalan.

Pemasangan jaringan listrik tenaga surya ini tentu saja membuat lega warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan tradisional. Sebelumnya, di lokasi ini selain masih menggunakan lampu teplok, sebagian untuk kios menggunakan jenset untuk penerangan. “Sudah lama masyarakat disini mendambakan listrik,” kata Tugimin Ketua Kelompok Nelayan Pantai Gesing kepada KRjogja.com, Senin (26/01/2015).

Memang, kata Tugimin listrik dari tenaga surya ini masih sangat terbatas, karena setiap titik atau rumah hanya dibatasi 250 watt sehingga hanya bisa untuk lampu penerangan. Jika akan menghidupkan televisi dari kapasitas tenaga listrik setiap rumah, maka hanya bisa bertahan 2 jam.

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Perindagkop dan ESDM Ir Pramuji Ruswandono MSi didampingi staf Kasi Energi Darmin yang dikonfirmasi terpisah, mengatakan bahwa pembangunan jaringan listrik tenaga surya merupakan dana alokasi khusus dari Kementerian ESDM pada 2014 lalu sebesar Rp 1,8 miliar. (Awa)

Sumber : http://krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *