f34c176e0bc6b43c38a120a575c6df93BANTUL (KRjogja.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul berencana mengembangkan lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya. Langkah tersebut perlu diambil agar kebutuhan penerangan dipelosok Bantul bisa teratasi.

Pertimbangan lainnya, LPJU tenaga surya nantinnya difokuskan di daerah yang belum terjangkau listrik namun mendesak membutuhkan penerangan. Selain konsentrasi mempersiapkan LPJU tenaga surya, tahun ini Dishub Bantul mempersiapkan pemasangan 237  LPJU di Kabupaten Bantul.

Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Bantul Singgih Riyadi SE MM didampingi Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana Dishub Bantul, Dra  Ninik Widaryanti, Selasa (28/4) mengungkapkan, pembuatan LPJU tenaga surya itu secepatnya akan direalisasikan. “Fokusnya akan diletakkan didaerah yang belum terjangkau jaringan listrik atau dijalur pinggiran, tepati arus kendaraan padat,” jelas Singgih. Tahap pertama akan dibangun 250-300 titik disejumlah lokasi di Bantul.

Menurut Singgih, dengan adanya LPJU tenaga surya kebutuhan penerangan umum di Bantul bisa terpenuhi meskipun belum sepenuhnya. Sementara terkait dengan peningkatan kualitas LPJU, pihaknya terus berusaha melakukan perbaikan. Jika ternyata di lapangan ditemukan kerusakan.  “Tahun ini ada alokasi pemasangan 237 LPJU baru di Bantul,” jelas Singgih.

Dari jumlah tersebut sebenarnya masih jauh dari kebutuhan riil dilapangan. Oleh sebab itu pihaknya melakukan skala prioritas dalam penentuan titik LPJU tersebut. Meski begitu, Dishub punya komitmen menjaga semua LPJU di Bantul memberikan manfaat kepada masyarakat dalam hal penerangan. Sehingga  Dishub Bantul menempatkan petugas khusus melakukan kontrol di semua ruas di Bantul terkait LPJU. Sehingga ketika ditemukan lampu tidak berfungsi langsung dilakukan perbaikan.

by krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *