Dishub lamongan.bursaenergiTIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan berencana memperluas pemanfaatan panel solar cell (tenaga surya) sebagai sumber tenaga untuk Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).
Pasalnya, panel solar cell untuk APILL, diklaim oleh Kepala Dishub, Bambang Hadjar, lebih hemat energi, dan tentu juga hemat biaya operasional.
“Memang lebih hemat dari segi biaya. Di Lamongan sudah ada tiga traffic light dan empat warning light yang menggunakan panel tenaga surya,” jelasnya.
Lebih lanjut, Ia membeberkan, tiga traffic light berada di simpang Jalan Sunan Giri dan Jalan Kusuma Bangsa, simpang Jalan Lamongrejo dan Jalan Wahidin Sudiro Husodo, dan perempatan Jalan Kusuma Bangsa dan Jalan Pahlawan (Pagerwojo).
“Kalau empat warning light bertenaga surya itu berada di pertigaan Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Sunan Giri, di depan SMP Negeri 3 Lamongan, di pertigaan Jalan Sumargo dan Jalan Suwoko serta Persimpangan Jalan Sunan Drajat dan Jalan Andanwangi,” beber Bamban.
Atas manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan panel surya, kedepan, Dishub lanjut Bambang, akan memperbanyak APILL yang menggunakan tenaga surya. “Karena manfaatnya pada traffic light dan warning light cukup signifikan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *