arikel tenaga Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini akan memasang 25 titik lampu jalan baru bertenaga surya.

Kepala Distamben Rejanglebong Elwan Effendi di Rejanglebong, Kamis, mengatakan, pemasangan 25 lampu jalan bertenaga surya itu akan dilaksanakan di beberapa kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di daerah itu. “Pemasangan lampu jalan dengan tenaga surya ini akan menggunakan anggaran APBD Rejanglebong tahun 2016 dengan besaran mencapai Rp700 juta. Lampu jalan yang akan dipasang ini akan diutamakan pada kecamatan yang belum memiliki penerangan lampu jalan,” katanya.

Lampu jalan menggunakan tenaga tenaga surya atau “solar cell” tersebut saat ini masih dalam proses pelelangan, dimana lampu ini akan dipasang di Jalan Lintas Curup-Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian di Jalan Lintas Curup menuju Kabupaten Lebong serta sejumlah titik rawan kecelakaan lalulintas lainnya.

Pemasangan lampu jalan tenaga surya ini tambah dia, untuk mengantisipasi timbulkan kecelakaan lalulintas dan rawan aksi kriminalitas dijalanan, dan difokuskan pada titik-titik yang belum ada penerangan lampu jalannya.

Sebelumnya pada 2015 lalu Distamben Kabupaten Rejanglebong juga melakukan pemasangan 96 titik lampu jalan yang dipasang dari lampu merah Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Curup Timur hingga ke bundaran Simpang Nangka, Kecamatan Selupu Rejang tersebut menelan anggaran Rp3,6 miliar.

Proyek pemasangan lampu jalan dengan menggunakan baterai dari Tiongkok itu sebelumnya ditargetkan selesai sebelum akhir 2015, tetapi karena adanya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar dan kisruh di Pelindo membuat impor baterai dari Tiongkok ini baru bisa diadakan akhir Januari 2016 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *