Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bontang, tahun ini mendapatkan “suntikan” bantuan senilai Rp 3 miliar. Dana tersebut berupa lampu penerangan jalan umum (LPJU) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Tahun ini kami mendapat bantuan dari pusat. Bantuan ini diberikan untuk melengkapi LPJU yang ada di setiap kabupaten/kota. Alhamdulillah, Bontang beruntung bisa mendapat bantuan ini karena tidak semua kabupaten/kota dapat,” ujar Sofiansyah, kepala DKP Bontang.

Pria yang akrab disapa Sofian itu menambahkan, bantuan LPJU ini berupa lampu jenis led yang dayanya 100 watt per lampu. Sedangkan untuk LPJU yang ada saat ini, satu lampu bisa menyedot daya 250 watt. Hal ini tentu akan mempunyai kelebihan, di antaranya lebih terang, efisien, menghemat pengeluaran biaya sekaligus juga lebih ramah lingkungan. “Saat ini jumlah tiang di jalan ada 250. Belum lagi tahun ini dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) kami juga ada pengadaan lampu sebanyak 84 buah. Jadi yang bantuan dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) kami tinggal butuh menambahkan 166 lampu saja,” kata Sofian.

Nantinya, kata dia, sisa dari anggaran untuk 166 LPJU ini akan diusulkan untuk pengadaan PJU jenis solar cell sebanyak 30 tiang. Selain itu, anggaran dari pusat senilai Rp 3 miliar ini tidak hanya berupa barang saja, tetapi juga pelatihan bagi para teknisi PJU yang ada di DKP. “Untuk solar cell ini kami fokuskan nanti di daerah Bontang Barat, tepatnya arah menuju Kanaan. Sebab, di sana belum ada LPJU, sehingga kami prioritaskan. Karena jenis lampunya ini juga baru, maka anggaran itu juga ada untuk pelatihan lima teknisi kami di sini (DKP, Red.). Sehingga, bila ada kerusakan, teknisi kami tidak kesulitan lagi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *