PLTS.bursaenergiBANTUAN Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), berupa pembangkit  listrik tenaga surya (PLTS), disalurkan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Bantuan tersebut rencananya akan menerangi dua desa yang ada di dua kecamatan.
Kepala Bidang (Kabid) Pertambangan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lampura, Dedi Nurman, mengatakan, kedua desa yang diberi bantuan PLTS, merupakan desa yang belum terjangkau jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negera (PLN).
“Dua desa itu yakni Desa Hujanmas, Kecamatan Abung Barat dan Desa Negerisakti Kecamatan Sungkai Barat. PLTS tersebut diprioritaskan untuk daerah-daerah yang belum tersentuh jaringan listrik PLN. Dan selama ini hanya mengandalkan penerangan dengan menggunakan lampu tempel dan genset,” ujar Dedi, Senin (14/9).
Dijelaskan Dedi, satu PLTS memiliki kapasitas 20 ribu watt dan mampu menerangi sekitar 200 rumah berkekuatan 260 watt.
Menurut Dedi, diperolehnya bantuan tersebut berkat usulan Pemkab Lampura sejak September 2014 lalu. “Keinginan warga untuk mendapatkan aliran listrik kini telah terwujud dengan adanya PLTS,” jelas Dedi
Saat ini, proses bantuan tersebut dalam tahap survey tempat. Di mana, tempat yang akan didirikan PLTS merupakan hibah warga.
“Setelah disurvey, akan langsung dilakukan pemasangan. Dan pemasangan di rumah warga tidak dipungut biaya,” terangnya. Mengenai teknisi, lanjut Dedi, akan dilakukan oleh masyarakat sekitar, yang sebelumnya memperoleh pelatihan dalam mengoperasikan PLTS tersebut. Perawatan akan dibiayai swadaya warga.
“Dengan adanya PLTS ini, warga merasakan manfaat yang sangat besar. Kami harapkan desa-desa lain dalam waktu dekat juga dapat menikmati penerangan listrik dari PLTS ini,”terangnya seraya berharap bantuan PLTS tersebut, dapat berfungsi dan bertahan dalam jangka waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *