PLTS roof.bursaenergiPada tahun ini dua Kecamatan Timpah dan Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas akan mendapat bantuan dari Pusat berupa PLTS Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS) dengan daya 30 KWH dan 50 KWH.
“Untuk tahun 2016 ini ada bantuan pusat Kementrian MSDE berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan kami Distamben hanya membantu memberikan data saja,”kata H Suparman Kapala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kapuas Kamis(3/3) di ruang kerjanya.
Ia menjelaskan,semenjak di diberlakukannya UU 23 2015 Distamben Kabupaten tidak punya wewenang untuk mengatur pelaksaan regulasi atau pun perizinan pertambangan dan tahun 2016 ini pihaknya tidak ada anggaran untuk proyek pekerjaan fisik.Untuk bantuan PLTS untuk Kecamatan Timpah yaitu Desa Aruh dan Desa Batapah sedangkan Kecamatan Mantangai Desa Katimpun dan Desa Sei Ahas.
“Untuk Desa Sei Ahas dan Desa Katimpun akan mendapat 50 Watt sedangkan Desa Batapah dan Desa Aruh 30 watt persatu Kepala Keluarga(KK) dan tahun ini tidak ada bantuan dari APBD karena Distamben tidak ada anggaran untuk lelang fisik karena masih terbentur dengan UU 23 tahun 2015,”tegas menahan Camat Selat ini.
Ia berharap dengan adanya bantuan pusat untuk penerangan PLTS ini dapat membantu warga terutama penerangan di desa sehinga informasi dan dunia hiburan dapat dinikmati layaknya masyarakat di perkotaan dan bantuan ini tidak di pungut biyaya sepele pun karena berupa bantuan hibah yang angin ya akan di kelola oleh warga sendiri.
“Dengan adanya batuan pusat ini bisa menerangi desa dan masyarakat tidak ketinggalan dengan informasi perkembangan suatu daerah melalui media elektronik dan warga yang selama ini berada di dalam kegelapan bisa menikmati cahaya listrik di malam hari,”pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *