PJU Bontang
BONTANG – Lampu penerangan jalan solarcell yang berada di Jalan Cipto Mangunkusumo akan diganti dengan lampu yang menggunakan aliran listrik PLN. Hal tersebut sebagai antisipasi mengingat sering hilangnya baterai solarcell yang baru dipasang oleh Dinas Pekerjaa Umum (PU) Bontang.
Kadis PU Bontang, Tavip Nugroho banyaknya baterai solarcell yang hilang di wilayah tersebut menjadikan kondisi jalan gelap dan rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah penerangan jalan, Dinas PU melakukan penggantian lampu LED dan kabel-kabelnya sebanyak 18 titik. Meskipun di Jalan Cipto Mangunkusumo terdapat 24 titik pampu solarcell. “Kami hanya mengganti 18 titik dulu, yang terpenting jalan di wilayah itu tidak terlalu gelap,” jelas Tavip saat ditemui belum lama ini.
Untuk aliran listriknya, Tavip menuturkan pihaknya meminta agar PKT bisa menyalurkan listriknya. Dengan anggaran yang tersedia dari APBD-P 2016 ini dengan sistem Penunjukkan Langsung (PL) senilai Rp 200 juta yang digunakan untuk membeli lampu dan kabel. “Sejauh ini PKT menyetujui, tetapi surat resminya belum kami terima dan masih menunggu,” ujarnya.
Rencananya,penggantian lampu akan dilakukan di bulan November, karena target Desember semuanya harus sudah selesai. Dari total 24 titik tiang lampu, beberapa di antaranya ada yang dicuri atau pun rusak. Sehingga Jalan Cipto Mangunkusumo sering gelap.
Bahkan, baterai yang masih terpasang pun hanya dapat menyalakan lampu penerangan hingga tengah malam tidak sampai pagi. Tavip menjelaskan semua itu karena daya baterai digunakan untuk dua lampu. Padahal seharusnya, 1 baterai untuk 1 bola lampu. “Total baterai yang hilang sebanyak 10 baterai, kerugian yang dialami pun, jika 1 baterai seharga Rp 25 juta maka kerugian sekira Rp 250 juta,” ungkapnya.
Beberapa kali baterai solarcell dicuri, pihaknya langsung membuat berita acara ke Polres Bontang sebagai laporan kehilangan. Namun sampai saat ini, pelaku pencuri baterai masih belum bisa ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *