PJU GarutGARUT, TRIBUNJABAR.CO.ID – Sekitar 70 persen dari 5.363 unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Garut, terutama sepanjang jalur Limbangan-Malangbong dan Kadungora-Tarogong berfungsi baik. Namun, banyak PJU bertenaga sinar surya yang mati di jalur Garutkota-Cilawu.

Kasubag PJU pada UPTD PJU Kabupaten Garut, Dadang Ridwan, mengatakan sekitar 30 persen PJU yang tidak berfungsi berada di daerah pelosok Garut. Sedangkan di jalur mudik, pihaknya memastikan jalan diterangi dengan baik.

“Hanya saja di Jalur Garutkota-Cilawu, banyak PJU solar cell yang mati. PJU jenis itu dikelola Pemprov Jabar dan kami telah mengkoordinasikannya untuk segera memperbaikinya,” kata Dadang, Selasa (30/6).

Tahun ini menjelang Ramadan, katanya, UPTD PJU Kabupaten Garut telah memperbaiki sekitar 2.000 PJU, terutama di jalur mudik. Bahkan PJU sepanjang Tutugan Leles sampai Tanjung yang dikelola Pemprov Jabar ikut diperbaiki.

Perbaikan PJU ini dilakukan atas instruksi Pemerintah Kabupaten Garut dan Polres Garut, juga keluhan masyarakat. Jalur Tutugan Leles sampai Tanjung, katanya, sangat rawan kecelakaan, apalagi tanpa PJU.

“Selain itu, perbaikan dilakukan di Limbangan, Lebak Jero di Kadungora, Jalur Cijapati, dan Leuwigoong. Kami menyisir jalur ini dan mengecek penerangannya sambil Tarawih Keliling,” katanya.

Dadang memastikan selama masa mudik dan balik Lebaran tahun ini, jalur-jalur utama di Garut akan mendapat penerangan yang baik, terutama di titik-titik rawan kecelakaan.

“Kami mendapat banyak desakan dari berbagai pihak untuk memperbaiki PJU di sejumlah titik. Tapi kalau yang solar cell, kami tidak bisa memperbaikinya karena Pemprov Jabar belum menghibahkannya kepada kami,” katanya.

Pada pertengahan Ramadan ini, katanya, UPTD PJU memantau dan memperbaiki PJU di jalur menuju selatan Garut. Dadang meminta partisipasi warga untuk membuat permohonan pendirian PJU di jalan-jalan desa atau alternatif lainnya.

By jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *