Pemerintah India berencana menggunakan tenaga matahari untuk menyediakan sebagian besar listrik bagi masyarakat yang selama ini belum terjangkau listrik. Rencana ini akan direalisasikan pada tahun 2012.

Saat ini, terdapat sekitar 500 juta orang di kawasan-kawasan terpencil di India yang tidak memiliki akses ke jaringan listrik. Beberapa kawasan sulit dijangkau. “Satu-satunya cara yang memungkinkan adalah dengan memasok listrik dengan panel surya yang dipasang di atap rumah,” demikian menurut Headway Solar, salah satu perusahaan pembangkit listrik asal India. Panel tersebut mengubah cahaya¬† matahari menjadi listrik yang bisa disimpan di baterai. Listrik di baterai dipakai untuk tenaga di malam hari atau di waktu-waktu gelap.

Menurut Headway Solar, penggunaan Solar Home Lighting System (SHS) juga merupakan cara yang paling memungkinkan secara ekonomi untuk menghadirkan listrik di seantero India. Pasalnya, secara rata-rata, sinar matahari menyinari negeri itu selama 300 hari dalam setahun, dan sumber energi ini belum dimanfaatkan secara optimal.

(Sumber: Earth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *