c1

RANCAH POST – Seiring perkembangan jaman, Anda mungkin semakin sering mendengar orang menyebut lampu LED untuk rumah mereka, bahkan berbangga jika rumah mereka sudah menggunakan lampu LED. Sebenarnya apakah gerangan lampu LED ini? Dan apa saja keuntungan dari menggunakan lampu ini?

Bukankah jika Anda melihat harga lampu jenis ini di toko elektronik harganya lebih mahal dibandingkan lampu pada umumnya. Mari baca selengkapnya.

Sekilas tentang lampu LED
LED ini sebenarnya merupakan singkatan dari “Light Emitting Diode“, dan memang merupakan jenis lampu yang masih baru. Jika di masa-masa sebelumnya, biasanya orang-orang menggunakan lampu pijar, sekarang jaman sudah berbeda, belum lagi karena kelemahan dari lampu pijar tersebut. Ya, lampu pijar memiliki kelemahan boros listrik dan terkadang pencahayaannya kurang padahal wattnya cukup besar.

Sebenarnya lampu LED sudah dimulai sejak tahun 1990, namun ketika itu masih belum begitu populer hingga sekarang ini, dan perkembangan lampu LED belum begitu pesat, belum mengikuti pembaharuan yang ada, yang lebih hemat listrik. Sekarang ini sudah cukup banyak perusahaan dan rumah tangga yang menyadari akan manfaat dari lampu LED ini, dan keuntungan dari menggunakan jenis lampu yang satu ini dibandingkan menggunakan jenis lampu lainnya yang banyak terdapat di pasaran.

Efisiensi penggunaan lampu LED
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa harga jual lampu LED ini cukup menguras dompet, lalu mengapa bisa disebut sebagai efisiensi? Alasannya simpel, karena kita membeli lampu ini untuk jangka panjang. Lampu LED produksi perusahaan baru-baru ini memiliki daya tahan yang cukup baik, jadi tidak mudah rusak, dan banyak perusahaan produsen lampu yang memberikan garansi apabila lampu rusak, tentu saja itu akan menguntungkan Anda, bahkan beberapa ada yang menawarkan garansi seumur hidup dengan syarat tertentu.

Namun memang sudah dibuktikan bahwa jenis lampu LED ini tahan lama (awet). Dan dengan membeli lampu LED itu termasuk ke dalam investasi. Sebab Anda akan mendapatkan keuntungan total biaya listrik yang dibayar bulanan turun drastis, apabila jika jumlah lampu di rumah Anda cukup banyak dan sering dinyalakan semalaman, contohnya untuk gudang. Lampu LED juga memiliki terang yang lebih bahkan dengan watt yang terkadang lebih kecil dibandingkan jenis lampu lainnya, itulah alasan mengapa lampu LED dapat lebih efisiensi jika digunakan untuk jangka panjang.

Lebih ramah lingkungan
Keuntungan kedua dari menggunakan lampu LED berarti Anda sudah ikut mendukung kegiatan “rumah ramah lingkungan” (green environment), karena tidak seperti lampu pijar, lampu LED ini tak beracun dan bebas bahan kimia dalam pembuatannya. Anda tentu sudah mengerti bahwa lampu pijar mengandung beberapa bahan kimia yang berbahaya, seperti merkuri.

Di lampu LED sama sekali tidak menggunakan Merkuri. Merkuri ini memang termasuk salah satu bahan kimia yang berpotensi merusak lingkungan sekitar kita. Khususnya jika lampu pijar sudah rusak, kemudian dibuang ke lingkungan, Merkurinya akan menyebar ke lingkungan kita.

Design yang keren
Kelebihan terakhir dari lampu LED yang akan kita bahas kali ini yakni design lampu yang keren. Perusahaan produsen lampu sekarang juga memperhatikan desain dari lampu yang mereka buat, menyesuaikan dengan tema rumah yang banyak digunakan sekarang yakni type rumah minimalis yang berkesan modern. Begitu pula dengan design lampu LED yang mereka buat, rata-rata sudah memiliki desain yang modern dan bagus, sehingga akan cocok begitu digunakan di interior maupun eksterior rumah Anda.

Selain itu, dengan menggunakan lampu LED, memungkinkan Anda untuk menentukan suasana rumah seperti apa, dengan memilih intensitas pencahayaan, semua itu memungkinkan dengan teknologi yang ada pada lampu LED ini, lampu LED dapat dibuat settingan dimmed (redup) jika Anda menginginkannya. Sistem pencahayaan lampu LED memiliki banyak efek yang dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan, untuk memperoleh suasana interior rumah yang Anda inginkan.

Tentunya dengan kemampuan ini, maka lampu LED akan bisa memberikan keuntungan bagi pikiran dan kenyamanan mata, contohnya jika Anda ingin membaca, maka Anda dapat mengatur penerangan yang cukup pencahayaannya supaya mata tidak rusak dan dapat membaca dengan jelas. Sekian artikel mengenai inilah keuntungan dari menggunakan lampu LED, salam properti.

sumber : http://www.rancahpost.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *