lampu PJU solar cell manado.bursaenergi

Permintaan pemerintah kabupaten Minahasa terhadap pemerintah desa untuk memasang minimal dua lampu jalan solar cell dinilai sangat baik, namun harus teranggarkan dalap program desa atau hasil musyawarah desa yang dirangkum dalam APBDes. “Imbauan tersebut sangat baik, namun harus masuk dalam musyawarah desa atau APBDes, sebab kalau tidak masuk akan melanggar peraturan Kementerian desa, tentang penggunaan dana desa,” jelas Oklen Waleleng Anggota DPRD Minahasa, Minggu (6/3).

Sebab menurutnya, penggunaan dana desa harus melalui mekanisme musyawarah desa seperti yang diatur dalam Permen tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa.”Peraturan tersebut menyebutkan bahwa penggunaan dana desa menjadi prioritas kegiatan, anggaran, dan belanja desa yang disepakati dan diputuskan melalui musyarawah desa,” ujar dia.

Karena menurutnya hasil musyawarah desa tersebut yang nantinya akan masuk dalam peraturan desa atau APBDes.”Hasil musdes tersebut sebagai acuan untuk pembuatan peraturan desa dan APBDes, otomatis yang jadi skala prioritaslah yang akan masuk,” tuturnya.

Sehingga pemerintah tidak boleh melakukan intervensi terhadap pemerintah desa. “Pemkab harus menghargai dan menghormati apa yang ditetapkan dalam Musdes ini, sebab itu adalah hasil keputusan bersama, berdasarkan suara terbanyak yang diambil dari semua unsur masyarakat,” ujar dia.

Untuk itu menurutnya, jika penerangan jalan solar cell tersebut masuk menjadi prioritas dan kebutuhan masyarakat desa harus masuk masuk dalam Mudes dan tercatat dalam program desa APBDes. “Kalau tidak masuk dalam musdes ya tidak boleh diaggarkan, sesuai dengan peraturan menteri desa tersebut,” jelasnya. Ia menambahkan, sebagai anggota DPRD Minahasa akan terus melakukan pengawasan sesuai fungsinya. “Kami wajib mengingatkan agar nantinya pemerintah desa tidak salah dalam menggunakan dana desa ataupun ADD, sebab jika salah penggunaan pemerintah desa yang akan menanggung konsekuensinya berhadapan dengan penegak hukum,” jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *