bank-bri_bursaenergiBisnis.com, JAKARTA – Pada 2016, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk akan meluncurkan anjungan tunai mandiri (ATM) bertenaga surya atau solar cell.
Corporate Secretary BRI Hari Siaga mengatakan sesuai Rencana Bisnis Bank (RBB) BRI pada 2016, BRI akan memasang mesin ATM solar cell di daerah yang terdapat keterbatasan pasokan listrik.
“Dalam RBB 2016 kami ada 100 buah ATM,” ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (11/11/2015).
ATM bertenaga surya ini, lanjut Hari, merupakan bagian dari pada inovasi BRI untuk melayani masyarakat sampai ke pelosok negeri.
Sunarso, Wakil Direktur Utama BRI, menambahkan penggunaan ATM ini ada dua tujuan yang pertama yakni keterjangkauan dimana daerah yang tidak bisa dibuka atau tidak terdapat ATM bisa memiliki ATM.
“Kedua ini juga merupakan wujud penerapan green banking prinsipal.
Dia menuturkan ATM bertenaga surya ini menjangkau masyarakat yang berada di daerah perkebunan yang tidak kesulitan listrik dan jauh dari kantor cabang.
“Ini untuk mengantisipasi mereka di perkebunan. Data laku pandai, agen BRI paling banyak di Jawa, jumlah transaksi paling banyak di Jawa tapi volume transaksi paling besar di Sumatera. Ini menunjukkan kalau di Sumatera banyak orang punya duit tapi jauh dari bank. Di daerah perkebunan biasnya belum terjankau listrik kami akan pasang di daerah seperti itu,” terang Sunarso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *