PJU TENAGA SURYA TOL SIDOARJO

Sejalan dengan semangat “Go Green”, serta dalam rangka efisiensi melalui penghematan energi di lingkungan perusahaan, Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol akan segera memasang serta mengkonversi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada dari Jenis High Pressure Sodium (Son-T) ke jenis LED. Menurut Kepala Cabang Surabaya-Gempol, Agus Purnomo lampu ini memiliki ketahanan hingga 50.000 jam dengan Lux (satuan untuk kekuatan cahaya) 15 hingga 20.

Penggantian lampu Son-T yang berdaya 250 W, ke lampu LED yang berdaya 120 s.d 125 W, juga akan menghemat daya listrik sebesar 50%. “Selain lebih hemat, intensitas cahaya akan tetap terang, karena sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM)” ujar Agus di sela-sela persiapan program pemasangan PJU tersebut, di Surabaya, Selasa (9/4) lalu.

Pada tahun 2013 ini, Cabang Surabaya Gempol akan mengkonversi 195 lampu PJU Son-T menjadi LED, dan akan memasang PJU baru dengan lampu LED sebanyak 234 unit. Pemasangan PJU ini akan dilaksanakan di ruas Waru-Dupak, yang saat ini sudah dikategorikan ruas urban oleh BPJT, sehingga persyaratan untuk ruas tersebut ditambah dengan adanya fasilitas penerangan/PJU untuk menjamin kenyamana dna keselamatan berkendara pada malam hari.

Saat ini PJU yang terpasang di Jalan Tol Surabaya-Gempol masih terkonsentrasi di sekitar interchange. Dari PJU yang sudah terpasang tersebut, 66 unit diantaranya sudah menggunakan sumber listrik tenaga surya (sollar cell energy). qqq(Agus Tri-Surgem, edited by Komper)

sumber : www.jasamarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *