PLTS.jokowi.bursaenergiKUPANG, Baranews.co – Presiden Joko Widodo mengatakan akan memprioritaskan pembangunan di wilayah Indonesia Timur dengan cara mendorong pembangunan kelistrikan. Menurut presiden, kedepannya nanti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan difokuskan di sejumlah wilayah Indonesia Timur, mengingat potensinya sangat bagus. “Kita akan fokuskan pembangunan dalam masalah kelistrikan di wilayah Indonesia bagian Timur, karena masih banyak yang belum mendapatkan listrik,” kata Joko Widodo kepada wartawan di Kupang, dilansir dari Antara, Senin (28/12).

Presiden mengatakan, pembangunan PLTS di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT sudah dikatakan berhasil, dan pengerjaannya juga lebih cepat dari yang ditargetkan. Di mana yang seharusnya satu tahun pengerjaan, akhirnya selesai dalam sembilan bulan saja. “Kalau operasinya berjalan bagus nanti kedepannya akan kita bangun di seluruh wilayah Indonesia Timur,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, PLTS merupakan solusi terbaik dalam mengatasi masalah krisis listrik yang terjadi di Indonesia saat ini. “Masalah krisis listrik ini tidak hanya terjadi di NTT saja tetapi di seluruh Indonesia. Sehingga kedepannya, seluruh Indonesia akan menggunakan PLTS, karena jangka waktunya lebih cepat dari pada batu bara yang prosesnya harus menunggu empat tahun,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Minggu (27/12) kemarin Presiden tiba di Kupang, usai meresmikan bandar Udara Komodo di Labuan Bajo Manggarai Barat dan langsung meresmikan PLTS Oelpuah dan meninjau lokasi tersebut. PLTS yang ada di Oelpuah tersebut merupakan PLTS terbesar di Indonesia walaupun hanya berkekuatan 5 megawatt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *